Sukses

Karbohidrat dengan Kadar Gula Rendah
08 May 2018, 11:18 WIB
Wanita, 28 tahun.

Halo dok! Saya ingin bertanya, sugar free white rice dan beras merah lebih sehat mana ya dok? Beras putih bebas gula tsb meng klaim beras indeks glikemik rendah

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi KlikDokter.com,

Karbohidrat adalah salah satu zat gizi yang keseluruhannya tersusun atas gula. Oleh sebab itu, bila pertanyaannya 'karbohidrat dengan kadar gula yang rendah' maka Anda hanya perlu mengurangi porsi karbohidratnya agar gula yang masuk ke tubuh Anda sedikit. Lain halnya bila Anda membutuhkan 'karbohidrat yang meningkatkan kadar gula darah lebih perlahan', maka karbohidrat kompleks jawabannya.

Menurut unsur kimianya, karbohidrat terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

· Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana adalah substansi yang tersusun atas 1 atau 2 molekul gula. Jenis karbohidrat ini mudah dipecah karena struktur kimianya yang sederhana. Pemecahan karbohidrat sederhana berlangsung dalam waktu yang singkat, sehingga cepat diserap oleh tubuh. Karena cepat diserap, maka dapat berakibat pada kadar gula darah yang cepat melonjak. Sumber karbohidrat sederhana adalah gula pasir, gula merah, sirup, permen, cokelat, dan lain-lain.

· Karbohidrat kompleks

Ini adalah karbohidrat yang tersusun atas 3 atau lebih molekul gula yang saling terikat dalam satu rantai molekul. Karena struktur kimianya yang demikian, maka waktu yang dibutuhkan untuk mencerna karbohidrat jenis ini lebih lama dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Karena membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, maka karbohidrat kompleks lebih cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena gula dalam darah tidak akan meningkat dengan cepat. Sumber karbohidrat kompleks contohnya beras merah, oat, gandum utuh, apel, dan lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar