Sukses

Tes DNA Janin
08 May 2018, 10:30 WIB
Pria, 21 tahun.

Asalamualaikum dok syah mau brtanya ..tman sayah hamil dluar nikah. Nah cwo ya tidak mau bertanggung jwab karna dia tidak percya bahwa dlam kandungan ya anak dia syah musty gmnhh ya donk apab bisa tes DNA dlam kandungan trimakasih

Terimakasih telah bertanya tentang tes DNA janin menggunakan layanan Tanya Dokter.

Tes DNA dapat dilakukan sejak hamil muda, yaitu saat kehamilan trimester pertama. Tes DNA yang dilakukan sebelum bayi dilahirkan disebut dengan tes DNA prenatal. Ini merupakan tes untuk mengetahui ayah biologis/kandung dari janin tersebut.

Tes DNA prenatal membutuhkan 3 bahan, yaitu DNA ayah, DNA ibu, dan DNA janin. DNA ayah dan ibu bisa diambil dari darah atau usapan lendir dinding mulut. Sedangkan DNA janin diambil dari cairan amnion (ketuban) melalui amniosentesis yang mengandung sel-sel janin atau jaringan dari plasenta (ari-ari) melalui prosedur chorionic villus sampling (CVS).

Perlu diketahui bahwa tes DNA prenatal merupakan isu yang sensitif karena banyak pertimbangan etika dan moral, termasuk risiko tes itu sendiri terhadap ibu hamil dan janin.

Bila Anda hamil dan terpikir untuk melakukan tes DNA prenatal, sebaiknya dibicarakan masak-masak dengan dokter dan keluarga Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar