Sukses

Antibiotik Yang Aman Untuk Ibu Hamil

08 May 2018, 09:10 WIB
Wanita, 28 tahun.

Halo dok, saya ibu hamil dengan umur kandungan 32 Minggu saya mengalami sgigi berlubang dan bengkak tapi tidak sakit terus menerus hanya saja kalo habis makan terasa sakit , saya sudah ke dokter gigi dan diberi obat clindamycin 300mg, neuralginRx, dan eflagen 50mg, masing2 diminum 2x sehari... Apakah ini aman dok, terimakasih.

Terimakasih telah bertanya seputar antibiotik yang aman untuk ibu hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Bila sudah dalam keadaan gusi bengkak maka mau tidak mau anda harus minum obat antibiotik untuk mengobati gusi yang bengkak. Resep yang dokter gigi anda berikan cukup aman untuk ibu hamil asalkan diminum sesuai anjuran. Setelah obat habis dan gusi kempes (tidak bengkak) dan tidak sakit, maka saran kami agar anda melanjutkan dengan perawatan saraf gigi. Jika posisi gigi sulit dijangkau untuk perawatan saraf, maka opsi lain adalah untuk pencabutan gigi.

Untuk sekarang yang bisa dilakukan adalah prosedur mematikan saraf dengan bahan pasta non arsenic, tutup dengan tambal sementara, maksimal 1 minggu. Kemudian obat didalam gigi dikeluarkan lalu dilakukan perawatan saraf gigi. Jika memang harus melakukan prosedur pencabutan gigi, maka ditunda dulu sampai anda selesai melahirkan.

Jangan tunda lagi perawatan gigi anda karena jika tidak langsung dilakukan, maka sewaktu-waktu gigi akan bengkak lagi, yang mengharuskan anda untuk minujm obat lagi. Terlalu banyak konsumsi obat antibiotik bisa membahayakan janin anda. Segera diskusikan rencana perawatan yang terbaik untuk anda ke dokter gigi anda.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai antibiotik yang aman untuk ibu hamil, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar