Sukses

Agar Berat Badan Anak Bertambah

07 May 2018, 21:06 WIB
Wanita, 24 tahun.

Assalam.. maaf dok.. mau tanya.. anakku usia 2 tahun.. nafsu makannya kurang.. paling yg bener " masuk susu morinaga chi* *id 4x pembuatan @100 ml.. saya pengen anakku tubuhnya berisi lg.. BB anakku skrg 12, 2 kg dengan TB 95 cm.. Mohon solusinya dok.. terimakasih.. 😊

Terimakasih telah bertanya seputar menambah berat badan anak melalui fitur Tanya Dokter.

Berat badan anak Anda sebetulnya baik untuk usianya. Jadi sebetulnya tidak perlu terlalu khawatir. Ada periode di mana anak kadang kurang suka makan, ada periode di mana tiba-tiba ia menjadi suka makan.

Untuk meningkatkan berat badan anak ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  1. Tingkatkan frekuensi makan, dengan prinsip makan sering dalam porsi sedikit. Frekuensi makan yang dianjurkan adalah 3 kali makan besar diselingi 2-3 kali snack. Pilih snack yang tinggi kalori misalnya jus alpukat dicampur susu, pisang, atau makanan seperti macaroni schotel dan olahan berbahan dasar karbohidrat lainnya. Susu formula dapat diberikan 5-6 kali sehari @150-200 mL/kali minum tergantung usia anak. Namun demikian, jangan minum susu mendekati waktu makan. Berikan selang waktu minimal 2 jam sebelum anak makan agar tidak kenyang terlebih dulu.
  2. Ketika anak sedang tumbuh gigi, ada kalanya ia ingin naik tekstur menjadi makan nasi biasa atau turun tekstur menjadi makan bubur. Sumber karbohidrat juga bisa diganti dengan ubi, kentang, oatmeal atau roti.
  3. Anda dapat menggunakan keju slice atau keju parut sebagai snack atau sebagai tambahan ketika anak memakan snack-nya. 
  4. Berikan anak makanan yang tinggi protein seperti telur, ikan, daging ayam dan daging merah dalam porsi yang sesuai.
  5. Biarkan anak merasa lapar agar ia mau makan banyak. Anda mungkin bisa memundurkan waktu makan hingga 30 menit dari waktu biasanya. Kurangi pula porsi susunya agar ia mau makan yang lain. Susu sebaiknya hanya diberikan 2 kali sehari pada usia ini dan diberikan setelah ia makan besar.

Baca juga: Tujuh Makanan Penambah Berat Badan Anak

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar menambah berat badan anak. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar