Sukses

Sulit Buang Air Kecil
07 May 2018, 19:00 WIB
Pria, 23 tahun.

Siang dok, mau tanya. Saya susah kencing dari hari Rabu. Sakitnya sperti lama nahan kencing dan anyang2an. Bahkan sempat berdarah saat kencing dan nyeri di perut bagian bawah. Akan tetapi saya masih bisa buang angin dan buang air besar. Saya sakit apa ya dok? Tp keadaan saya skrg sedikit membaik setelah minum jamu bentuk kapsul. Utk sekarang saya masih merasakan sakit saat kencing hampir selesai tapi tidak terlalu sakit dr sebelumnya. Kira2 kenapa ya dok? Dan apa yg harus saya lakukan?

Terimakasih telah bertanya seputar Sulit BAK melalui fitur Tanya Doker melalui kllikdokter.

Masalah buang air kecil, dapat disebabkan oleh beberapa hal:

  • Produksi air kecil yang menurun akibat adanya kerusakan ginjal atau gagal ginjal
  • Obstruksi saluran kemih, bisa disebabkan oleh pembesaran prostat pada pria, atau adanya batu saluran kemih
  • Infeksi saluran kencing. Keluhan ini biasanya disertai dengan nyeri saat buang air kecil, buang air kecil tidak lampias, atau buang air kecil yang sering namun hanya sedikit-sedikit.
  • Gangguan pada persarafan. Gangguan pada persarafan kandung kemih dapat menyebabkan gangguan buang air kecil. Hal ini biasanya terjadi pada pasien dengan riwayat stroke, riwayat kecelakaan, atau diabetes melitus. Untuk mengetahui kondisi ini diperlukan pemeriksaan urodinamik
  • Jika Anda kurang minum juga dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas buang air kecil Anda.

Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda, diperlukan beberapa pemeriksaan tambahan. Terutama adalah pemeriksaan urin(urinalisis), dan sejumlah pemeriksaan fungsi saluran kemih lainnya. Setelah diketahui penyebab dari keluhan Anda, Anda dapat mendiskusikan dengan dokter Anda, pilihan penanganan yang paling sesuai. Kami juga menyarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi.

Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai sulit BAK. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar