Sukses

Pengobatan Sariawan Pada Penderita Flu Singapura
21 Mar 2018, 21:37 WIB
Pria, 32 tahun.

Pagi Dok, Mau tanya anak saya umur 22bulan sekarang sedang sariawan dan kata dokter kena flu singapur tapi cm dikasih vitamin. apa memang begitu aja penanganannya? kemudian untuk obat sariawannya yg bagus dan tidak sakit/pahit apa ya dok? Terima kasih sebelumnya

Terimakasih telah bertanya seputar pengobatan sariawan pada penderita flu singapura melalui fitur Tanya Dokter.

Flu Singapura disebut juga hand, foot, and mouth disease (HFMD) atau penyakit tangan, kaki, dan mulut. Penyakit ini adalah infeksi virus yang sangat menular, umumnya terjadi pada anak-anak. HFMD memberikan gejala berupa lenting-lenting berisi cairan yang kemudian pecah membentuk luka pada lidah, gusi, pipi bagian dalam. Sementara itu, pada kulit telapak tangan dan kaki akan timbul bentol-bentol merah dan lenting-lenting kecil berisi cairan. 

Karena merupakan self-limiting disease, tidak ada terapi spesifik untuk menangani infeksi ini. Yang penting adalah pencegahan penularan infeksi virus dengan menjaga higienitas diri dan lingkungan. Cuci tangan yang bersih secara teratur, terutama setelah menggunakan toilet atau setelah mengganti popok anak, dan sebelum menyiapkan makanan untuk keluarga. Bersihkan benda-benda di sekitar dengan air dan sabun, kemudian ditambahkan dengan larutan klorin (1/4 cangkir klorin dengan 1 galon air).

Untuk meningkatkan daya tahun tubuh, sebaiknya tetap makan makanan yang bergizi dan banyak beristirahat. Untuk mencegah dehidrasi, dianjurkan minum yang banyak. Susu lebih dipilih daripada minuman yang bersifat asam seperti jus buah dan soda. Sedangkan untuk mengatasi penyerta seperti demam dan nyeri yang ditimbulkan, dapat diberikan obat anti-piretik dan analgetik seperti obat yang mengandung parasetamol.

Untuk membantu mengatasi rasa nyeri di dalam mulut, anak dapat diberikan minum air es, susu dingin, es krim baik yang berupa krim maupun batangan. Untuk membersihkan mulut, mengurangi nyeri dan peradangan, dianjurkan melakukan kumur-kumur dengan air garam hangat beberapa kali sehari. Campurkan ½ sendok teh garam dengan 1 cangkir air hangat. Makan makanan yang lembek yang tidak membutuhkan kunyahan seperti bubur. Untuk mempercepat penyembuhan sariawan bisa menggunakan gel yang mengandung  Triamcinolone Acetonide khusus penggunaan dalam mulut atau mengandung Asam Hyaluronat.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai pengobatan sariawan pada penderita flu singapura, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar