Sukses

Gigi Rontok Dan Retak Sedikit Demi Sedikit
05 Feb 2018, 20:35 WIB
Pria, 25 tahun.

Apa saja penyebab gigi rontok di usia yg baru menginjak 25 tahun...... Berawal dari gigi berlubang, kemudian retak sedikit demi sedikit....... Terima kasih, mohon informasinya dan pencegahannya agar tidak habis.....

Terimakasih telah bertanya seputar gigi rontok dan retak sedikit demi sedikit melalui fitur Tanya Dokter.

Gigi yang rapuh/ mudah keropos dapat disebabkan karena berbagai penyebab, salah satunya adalah karies gigi terutama pada orang dengan kebersihan gigi dan mulut yang kurang terjaga. Karies gigi diawali oleh penumpukan plak yang tidak dibersihkan dengan baik, dan dipengaruhi juga oleh pola makan. Bakteri yang terdapat pada rongga mulut akan mengubah sisa makanan yang tersisa menjadi asam, yang akan melunakkan gigi. Lama kelamaan gigi akan rapuh hingga terjadi lubang, dan patah sedikit demi sedikit.

Gigi yang rapuh juga dapat disebabkan karena adanya gangguan tumbuh kembang gigi di masa kanak-kakak, yaitu saat terjadinya proses peletakan mineral-mineral yang penting dan menjadi penyusun utama struktur gigi, seperti misalnya kalsium. Gangguan tumbuh kembang ini bisa terjadi karena kekurangan nutrisi, atau anak menderita penyakit yang cukup berat saat proses tersebut sedang terjadi. Akibatnya, struktur gigi menjadi kurang kuat dan lebih rentan terhadap kerusakan.

Solusinya adalah meningkatkan kebersihan gigi dan mulut, memperbaiki cara menyikat gigi, dan memperbaiki pola makan dengan mengurangi makanan manis dan lengket. Selain itu segera periksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan apabila ada gigi berlubang yang membutuhkan penambalan. Saat ini sudah beredar di pasaran suatu produk semacam pasta yang berisi protein susu yaitu pasta CPP-ACP ( casein phosphopeptide-amorphous calcium phosphate) yang dari berbagai penelitian ilmiah telah terbukti mampu memperkuat gigi dan menurunkan kerentanan gigi terhadap karies. Caranya adalah dengan mengaplikasikan pasta tersebut ke permukaan gigi setiap hari. Diskusikan dengan dokter gigi anda mengenai pasta CPP-ACP tersebut.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi rontok dan retak sedikit demi sedikit, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar