Sukses

Penyakit Jantung Bawaan

03 Feb 2018, 08:01 WIB
Wanita, 22 tahun.

Hallo dok, saya mempunyai riwayat kebocoran katup jantung sebelah kiri yg biasanya dikatakan dokter dengan nama lain ASD dan telah melakukan katerisasi jantung tahun 2015 dengan nama lain ASO . yang mau saya tanyakan apakah hal ini berdampak pada keturunan dan mempengaruhi proses kehamilan saya dikemudian hari? Mohon infonya dok. Terimakasih ..

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter 

Penyakit jantung bawaan (PJB) adalah kelainan struktur jantung yang muncul sejak lahir dan terjadi sejak janin di dalam kandungan. Kelainan tersebut terjadi akibat jantung atau pembuluh darah disekitarnya tidak berkembang dengan sempurna dan/atau akibat kelainan posisi jantung dan pembuluh darah di sekitarnya. Bagaimana dengan anak Anda apa jenis PJB yang dideritanya?

Hingga saat ini penelitian masih terus dilakukan untuk mengetahui penyebab PJB. Meskipun dipikirkan bahwa genetik atau faktor keturunan berperan menimbulkan kelainan jantung, hanya beberapa gen yang ditemukan berhubungan dengan kelainan jantung. Konsumsi obat-obatan dan infeksi saat kehamilan dapat menyebabkan kelainan jantung. Pengaruh lingkungan seperti merokok juga mempengaruhi timbulnya kelainan jantung. Berikut adalah beberapa faktor risiko PJB:

Riwayat Keluarga: Memiliki anak dengan riwayat PJB sebelumnya meningkatkan risiko 1-5% untuk memiliki anak berikutnya dengan PJB. Riwayat ibu dan ayah dengan PJB juga meningkatkan risiko anak lahir dengan PJB.Kelainan

Genetik: Beberapa kelainan genetik (kromosom) seperti sindroma Down, DiGeorge, Allagile, Williams dan Noonan menyebabkan kelainan pada jantung dan organ tubuh lainnya. Tes genetika dapat dilakukan untuk mendeteksi adanya sindroma Down saat janin masih di dalam kandungan. Komunikasikan kepada dokter yang menangani Anda jika Anda memiliki anak dengan sindroma tertentu sehingga dapat dilakukan pengecekan terhadap janin yang Anda kandung berikutnya.

Konsumsi Obat-obatan: Beberapa obat-obatan yang dikonsumsi saat hamil dapat menyebabkan gangguan padakehamilan termasuk kelainan jantung bawaan. Obat-obatan yang meningkatkan risiko PJB antara lain thalidomide, pengobatan untuk jerawat yang mengandung isotretinoin, lithium dan obat anti kejang yang mengandung asam valproate.

Faktor Lingkungan: merokok dan mengkonsumsi alkohol saat hamil meningkatkan risiko kelainan jantung bawaan pada janin.

Infeksi Pada Kehamilan: Infeksi rubella saat kehamilan dapat menyebabkan gangguan perkembangan jantung janin. Sebaiknya bagi perempuan yang ingin merencanakan kehamilan dapat melakukan pemeriksaan terhadap virus tersebut dan melakukan vaksin MMR (mumps, measles, rubella) sebelum menikah untuk mencegah terjangkit rubella saat hamil.

Diabetes: Memiliki riwayat diabetes sebelum kehamilan dan tidak terkontrol dapat menyebabkan gangguan perkembangan jantung janin.

Kami sarankan Anda dan pasangan senantiasa berkonsultasi dengan dokter saat merencanakan kehamilan serta rutin memeriksakan diri selama kehamilan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

3 Komentar

  • Gumilang Setya

    adakah obat herbal untuk mengatasi kebocoran jantung?

  • Sandrydrd Sandrydrd

    pg dok saya mau tx anak saya jantung bawaan 3 minggu lalu sempat di rawat di RSUD dan dia px jantung beda yg satux paling kecil sekali sampai semua vadan gusi lidah pokokx semua biru kadang muncul darah di bawah matah klo pas dia lemas

  • Anwar Musadad

    dok saya mau tanya kalau oprasi jantung bocor kira kira berapa duit?