Sukses

Penanganan Roseola Infantum

02 Feb 2018, 22:08 WIB
Pria, 19 tahun.

Selamat Siang Dok, saya sekarang sedang terkena penyakit Roseola Infatum, apakah saya bisa mandi?

Terima kasih telah bertanya tentang roseola infantum menggunakan fitur Tanya Dokter

Roseola infantum, atau dikenal juga dengan istilah Roseola dan Exanthema Subitum, merupakan penyakit akibat infeksi virus yang ditandai dengan demam tinggi dan kemerahan di kulit. Tidak ada larangan untuk mandi pada pasien dengan gangguan ini.

Penyakit ini umumnya terjadi pada bayi dan anak-anak. Usia 6 bulan hingga 1,5 tahun adalah usia yang paling rentan terkena penyakit ini.  

Roseola infantum disebabkan oleh virus herpes tipe 6 (human herpes virus 6). Virus ini menular melalui udara. Seorang anak bisa mengalami roseola infantum bila terpapar percikan bersin atau batuk dari anak lain yang sedang mengalami penyakit tersebut.

Penentuan diagnosis roseola infantum dilakukan dengan melakukan serangkaian wawancara medis untuk mengetahui gejala-gejala yang dialami dan melakukan pemeriksaan fisik pada anak. Namun bila gejala yang dialami tidak terlalu khas, dokter akan menganjurkan pemeriksaan darah untuk memastikan penyakit ini.

Penyakit roseola infantum sering didahului dengan batuk pilek, lalu muncul keluhan demam tinggi (biasanya di atas 39°C). Demam ini terjadi selama 3–4 hari dan umumnya suhu tubuh tidak turun meskipun anak sudah minum obat penurun panas. Saat demam, anak seringkali rewel dan menjadi enggan makan.

Tanda yang khas dari penyakit roseola infantum ini adalah demam akan turun secara mendadak setelah beberapa hari. Kemudian akan muncul ruam kemerahan di seluruh tubuh segera setelah demam turun.

Pada dasarnya roseola infantum akan sembuh dengan sendirinya dalam 3–7 hari. Pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada anak selama sakit masih berlangsung.

Umumnya pengobatan roseola infantum bisa dilakukan sendiri oleh orang tua di rumah dengan cara:

Berikan obat penurun panas secara berkala (bisa berupa parasetamol atau ibuprofen)Kompres tubuh anak dengan air hangat untuk membantu menurunkan demamAnjurkan anak untuk minum air lebih banyak. Pada bayi yang masih menyusui, berikan ASI lebih sering dari biasanya.Bila anak terlihat lemah, tidak mau minum atau menyusu, segera kunjungi dokter terdekat.

Tidak ada hal yang dapat dilakukan untuk mencegah roseola infantum. Anak yang sudah mengalami roseola infantum sudah memiliki kekebalan terhadap virus penyebabnya sehingga tidak akan tertular penyakit ini lagi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

0 Komentar

Belum ada komentar