Sukses

Gigi Berlubang Sebabkan Infeksi Pada Gusi Anak
29 Jan 2018, 19:28 WIB
Wanita, 35 tahun.

Dok, sy mau tanya anak sy terkena gusi bengkak yg menimbulkan pembengkakaan di rahang dekat dagu, yg awal'y hanya bengkak tp kelamaan malah seperti bisul, sebelum leletus d luar rahang sering keluar nanah dan darah d gusi, terus d luar rahang jg meletus seperti bisul, yg tdi y d kira mata bisul yg keluar tp ternyata daging, yg jdi pertanyaan apa daging itu harus d bedah atau gmna, dan sy harus konsultasi kmna, terima kasih

Terimakasih telah bertanya seputar gigi berlubang sebabkan infeksi pada gusi anak melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Sebelumnya kami ingin menjelaskan sedikit mengenai penyebab infeksi gusi pada anak. Gigi yang berlubang pada anak, tentunya akan menyebabkan anak mengalami kesulitan mengunyah makanan. Apabila kejadian ini berlanjut, bisa berujung pada penurunan nafsu makan dan dalam jangka panjang anak dapat mengalami kurang gizi. Selain itu infeksi dari gigi berlubang yang tidak dirawat bisa berlanjut ke jaringan lunak dapat menyebabkan terjadinya abses (seperti bisul/benjolan berisi nanah) seperti yang anda lihat pada gusi anak anda.

Penanganan nya Segera periksakan ke dokter gigi agar dapat ditangani oleh dokter Anda sedini mungkin. Dokter gigi akan memberikan resep obat untuk menyembuhkan abses terlebih dahulu. Meski akan digantikan dengan gigi tetap/permanen, gigi susu yang berlubang harus tetap dirawat karena gigi susu berfungsi sebagai panduan untuk pertumbuhan gigi tetapnya nanti.

Dokter akan menjelaskan berbagai alternatif yang sesuai dengan masing-masing kasus untuk penanganan lubang gigi pada anak. Bergantung pada tingkat keparahan kasus, perawatannya dapat berupa tindakan pencegahan, penambalan, atau perawatan syaraf jika infeksi sudah mencapai rongga syaraf gigi (pulpa gigi). Jika gigi sudah tidak dapat dipertahankan lagi maka terpaksa dilakukan pencabutan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi berlubang sebabkan infeksi pada gusi anak, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar