Sukses

Kehamilan dan Tetrasiklin

26 Jan 2018, 23:01 WIB
Wanita, 30 tahun.

Saya sedang hamil muda dan saya belum tau saat itu lalu saya minum obat supertetra apalagi berpengaruh pada janin saya ? Terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang hubungan supertetra dengan kehamilan Anda menggunakan layanan Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sepertinya kandungan aktif obat yang Anda sebutkan adalah tetrasiklin. Tetrasiklin memiliki kemampuan bersenyawa dengan zat lain dan menghasilkan kalsium orthofosfat dimana senyawa ini mempengaruhi jaringan dan matriks kalsifikasi enamel gigi yang menyebabkan pigmentasi pada gigi.

Penggunaan tetrasiklin pada masa kehamilan, terutama pada trimester 3 dan masa kalsifikasi pada janin berdampak pada perubahan warna gigi anak yang dikandung, begitu juga pada masa anak-anak tetrasiklin dapat mempengaruhi warna gigi anak. Gigi yang terdampak oleh tetrasiklin akan berubah warna menjadi kuning coklat aau bahkan menjadi  abu-abu kehitaman, tidak hanya pada bagian mahkotanya namun pada bagian akarnya juga. Perubahan warna lebih berdampak pada lapisan dentin dibanding lapisan paling luar dari gigi yaitu email dan lebih dominan pada gigi depan dibanding gigi belakang.

Berbagai prosedur telah diperkenalkan untuk mengatasi perubahan warna gigi.  Tehnik yang  cukup populer untuk mengatasi perubahan warna gigi adalah bleaching, namun pada perubahan warna akibat tetrasiklin yang berat tehnik ini tidak dianjurkan, karena tingkat keberhasilannya yang rendah. Tehnik lain yang dapat mengembalikan nilai estetik gigi depan yang rusak akibat tetrasiklin adalah mahkota gigi tiruan dan veneer. Biaya bleaching cukup bervariasi dan untuk memberikan gambaran besarnya biaya yang dikenakan pada daerah jakarta dan sekitarnya berkisar Rp 2.500.000- Rp 7.000.000 atau lebih.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar