Sukses

Sering Cegukan

23 Jan 2018, 21:07 WIB
Wanita, 83 tahun.

Dok, bapak saya kurang lebih 10 hari selalu cegukan. Berhenti sebentar cegukan lagi. Apa penyebabnya dok, kalo konsultasi harus ke spesialis apa ?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Cegukan atau hiccup terjadi ketika adanya spasme (ketegangan otot) pada kontraksi diafragma, yaitu suatu otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut. Spasme ini menyebabkan pengambilan nafas seketika berhenti dengan tertutupnya pita suara (glottis). Penutupan inilah yang menyebabkan karakteristik suara cegukan. Lambung yang penuh dapat menyebabkan terjadinya cegukan yang akan hilang dengan sendirinya. Lambung yang penuh dapat disebabkan oleh:

  • Makan terlalu banyak & terlalu cepat
  • Mengonsumsi terlalu banyak alkohol
  • Merokok
  • Perubahan seketika pada temperatur lambung, misalnya minum terlalu panas kemudian terlalu dingin
  • Stress emosional

Selain itu, cegukan dapat merupakan suatu tanda adanya suatu penyakit, misalnya: diabetes, penyakit ginjal kronis, gangguan elektrolit, deviasi septum, stroke, meningitis, ensefalitis, laringitis, dan lain - lain.Cegukan biasanya berhenti dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam. Cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam, perlu dicurigai merupakan suatu tanda adanya masalah kesehatan serius yang membutuhkan konsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Demikian informasi ini kami sampaikan , semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar