Sukses

Mengatasi Kulit Berminyak dan Berjerawat

23 Jan 2018, 19:07 WIB
Pria, 18 tahun.

Assalamualaikum wr wb Dok saya mau tanya,, pantangan untuk kulit berminyak dan berjerawat apa saja yaa dari segi makanan dan kebersihan? Soalnya sudah 1 tahun wajah saya berjerawat dan belum lekas sembuh. Terima kasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Untuk membantu memerangi kulit berminyak dan terhindar dari jerawat, Anda dapat menghindari makanan berikut ini :1. Makanan gorengan

Penelitian menemukan, seseorang yang mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak asam lemak omega-6 akan lebih rentan berjerawat. Ini dapat ditemukan pada makanan gorengan, misalnya kentang goreng. Jadi, untuk mencegah kulit semakin berminyak, hindarilah memasak dengan cara menggoreng atau memasukkan terlalu banyak minyak.

2. Susu

Konsumsi susu sering dikaitkan dengan peningkatan jerawat. Hal ini terjadi karena produk susu mengandung kadar hormon tinggi yang menyumbat pori-pori sehingga memicu timbulnya jerawat. Jika kulit Anda sensitif terhadap hormon di dalam susu, beralihlah ke produk alternatif lain seperti susu almon.

3. Makanan berkarbohidrat

Makanan seperti roti, nasi putih, dan karbohidrat olahan lainnya memiliki indeks glikemik yang tinggi. Artinya mereka dapat menaikkan kadar gula darah secara cepat. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak dan jerawat.

4. Gula

Gula mendorong kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak. Selain itu, mengonsumsi gula dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kadar insulin yang pada akhirnya bisa menyebabkan peradangan di kulit.

5. Alkohol

Saat Anda mengonsumsi alkohol, panas di tubuh akan meningkat sehingga tubuh akan lebih mudah berkeringat. Keringat yang meningkat menyebabkan pori-pori tersumbat yang pada akhirnya bisa menyebabkan jerawat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar