Sukses

Hubungan Hernia dan Kesuburan

20 Jan 2018, 10:46 WIB
Pria, 34 tahun.

Dok mau tanya 5thn lalu sy terkena hernia,cm sampe skrg tdk pernah kena lg dan yg sy tanyakan apakh hernia itu msh diblg sy ada penyakit hernia...??? Dan apakah pengaruh dgn kesuburan sy Krn Uda 2thn saya nikah blm jg py ank dan sperma sy encer.tks tlg bantuannya

Terimakasih telah bertanya seputar Hernia dan Kesuburan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Hernia, atau sering kita kenal dengan istilah “turun bero”, merupakanpenonjolan isi suatu rongga melalui defek atau bagian lemah dari dinding rongga bersangkutan. Hernia inguinalis dibagi menjadi 2, yaitu hernia inguinalis medialis dan hernia inguinalis lateralis. Jika kantonghernia inguinalis lateralis mencapai skrotum (buah zakar pada pria), hernia disebut hernia skrotalis. Hernia terdiri atas jaringan lunak, kantong, dan isi hernia. Selain itu ada juga hernia abdominalis (menonjol keluar dari pusar).Jaringan lunak yang dimaksud disini adalah usus. Jadi melalui suatu lubang di lipat paha, usus turun dari daerah perut menuju ke bawah. 

Perlu diketahui bahwa hernia tidak bisa sembuh spontan dan hanya bisaterselesaikan dengan 2 cara, konservatif dan operatif. 

Pengobatan konservatif terbatas pada tindakan pengembalian posisi (dengan cara mendorong masuk tonjolan yang ada secara manual) dan pemakaian penyanggaatau penunjang untuk mempertahankan isi hernia yang telah direposisi (dikembalikan posisinya). Penggunaan bantalan penyangga hanya bertujuan menahan hernia yang telah direposisi dan tidak pernah menyembuhkan sehingga harus dipakai seumur hidup. Hal ini biasanya dipilih jika kita menolak dilakukan perbaikan secara operasi atau terdapat kondisi yang tidak memungkinkan untuk operasi. Cara ini tidak dianjurkan karena menimbulkan komplikasi, antara lain merusak kulit dan tonus (kekenyalan/tekanan) otot dinding perut di daerah yang tertekan sedangkan strangulasi (terlilit/terpuntir) tetap mengancam. 

Masalah hernia adalah pada saluran pencernaan, sedangkan masalah kesuburan dipengaruhi oleh organ reproduksi dan hormonal. Saran kami, jika benar Anda mengalami hernia sebaiknya segera diatasi sebelum berencana hamil. Secara umum hernia tidak menggangu kesuburan. Namun jika tidak diatasi dapat menimbulkan masalah di kemudian hari, terutama saat masa kehamilan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar