Sukses

Timbul Jerawat Akibat Obat

19 Jan 2018, 10:02 WIB
Wanita, 20 tahun.

Slamat malam dok. Dok saya mau tanya saya pakek cream di erha sudah hampir 6 bulan, awal pakek ndak papa dok bersih2 aja, ada jerawat mungkin ndak terlalu banyak. Tp sekarang jrawat kok kluar semua ya dok. Saya udah konsul lg diganti creamnya cuman kok ndak ada perubahan ya dok malah ada muncul lagi. Apa ada solusi lain dok? Terimakasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda.  Keluhan Anda adalah jerawat bertambah banyak setelah memakai obat jerawat.

Untuk mengatasi jerawat, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari munculnya jerawat. Ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini:

-Stres-Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.-Kelenjar minyak yang terlalu aktif-Keturunan dari orangtua-Bakteri di pori-pori kulit

Pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. Kondisi kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stres dan sebagainya.

Pengobatan jerawat secara umum dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Obat yang dapat digunakan adalah retinoic acid, benzoil peroksida, dan antibiotik topikal/oles. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum tergantung derajat keparahan jerawat. Jika Anda merasa jerawat di semakin banyak setelah memakai obat jerawat tersebut kami sarankan Anda konsultasi kembali dengan dokter yang merawat Anda. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar