Sukses

Coats Desease

15 Jan 2018, 22:14 WIB
Pria, 18 tahun.

Saya penderita coats desease stadium 5, apakah bola mata saya akan mengecil dok.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter.

Penyakit Coat disebabkan oleh gangguan pembuluh darah mata yang berperan membawa darah dan oksigen ke retina (saraf mata). Pada penyakit Coat terjadi pelebaran pembuluh darah mata yang seringkali disertai kebocoran dan terpluntirnya pembuluh darah. Hal tersebut menyebabkan gangguan aliran darah normal di mata dan kebocoran cairan dapat menyebabkan penumpukan lemak di retina. Jika jumlah cairan (eksudat) yang terkumpul sangat banyak, dapat terjadi lepasnya retina (ablasio retina) dan hilangnya penglihatan.

Mohon maaf untuk prevalensi di Indonesia belum ditemukan data yang akurat. Sebagai perbandingan, di Inggris kasus ini terjadi pada 0,09% kasus dari 100.000 orang, sehingga menunjukkan bahwa kasus ini merupakan kasus yang jarang terjadi.

Gejala

Pada awal anak dapat tidak menyadari adanya penurunan daya lihat secara perlahan karena seringkali penyakit ini terjadi pada satu mata pada awalnya sehingga anak dapat melakukan kompensasi dengan mata yang normal dan tidak menyadari adanya gangguan penglihatan pada mata yang terkena penyakit. Gejala yang sering terlihat ialah leukokoria (warna putih pada pupil)

Stadium Penyakit Coat:

stadium 1: pembuluh darah abnormal di retina, belum bocorstaidum 2: kebocoran pembuluh darah ke retinastadium 3: disertai peningkatan tekanan bola mata (glaukoma)stadium 5: mata mengalami kebutaan dan dapat terasa nyeri akibat peningkatan tekanan bola mataPenanganan

Pengobatan dilakukan untuk mencegah bertambah parahnya penyakit. Hasil lebih baik didapatkan bila ditangani sejak staidum awal. Tatalaksana yang dipilih dapat berupa laser atau potong beku (krioterapi) untuk mengecilkan pembuluh darah yang abnormal dan menghentikan kebocoran cairan. Operasi dapat dipilih pada stadium lanjut untuk mengatasi ablasio retina.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar