Sukses

Penanganan Aritmia
12 Jan 2018, 23:41 WIB
Wanita, 15 tahun.

Buat kakak dokter, aku mau nanya, mamaku kan kena aritmia, tapi juga anemia dan tekanan darah rendah, apa boleh minum obat "bisoprolol"??

Terimakasih telah bertanya tentang aritmia melalui fitur Tanya Dokter.

Detak jantung tidak beraturan di dalam dunia kedokteran dikenal dengan aritmia. Aritmia adalah gangguan irama jantung yang dapat mengakibatkan jantung berdetak terlalu cepat (takikardi), terlalu lambat (bradikardi), atau tidak teratur (iregular). Banyak sekali jenis aritmia dengan jenis obat yang berbeda-beda. Apakah jenis aritmia Anda? Apakah Atrial Fibrilasi, Atrial Fluter, atau yang lain?

Kebanyakan aritmia tidak berbahaya namun beberapa jenisnya dapat berkomplikasi lebih serius dan mengakibatkan kematian. Apabila jantung mengalami gangguan irama, kemungkinan jantung tidak dapat memompa cukup banyak darah ke jaringan tubuh. Akibatnya sel-sel tubuh termasuk diantaranya adalah otak, ginjal, dan organ lain kekurangan oksigen dan nutrisi.

Dalam dunia medis, kelainan pada jantung banyak sekali bentuk dan jenisnya. Jenis artimia, diperlukan pemeriksaan EKG untuk memastikan. Denyut jantung yang normal berkisar antar 60-100 kali per menit pada saat istirahat. Menghitung denyut nadi paling baik adalah selama 1 menit penuh, atau dengan menghitung selama 15 detik kemudian hasilnya dikalikan 4. Apakah Anda sudah menghitungnya dengan tepat? Denyut jantung 60x/menit sebetulnya masih dalam kisaran normal.

Obat bisoprolol jarang sekali memberikan efek denyut nadi melambat. Jika terdapat efek tersebut kami menganjurkan agar Anda dapat kembali memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang aritmia. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar