Sukses

Perbedaan Kolesterol dan Anemia

12 Jan 2018, 16:14 WIB
Wanita, 31 tahun.

Malem dok,apa perbedaan kolesterol sama anemia?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya seputar kolesterol dan anemia di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Kolestrol merupakan suatu substansi lemak yang berguna untuk mendukung fungsi sel serta produksi hormon. Seperti air dengan minyak, kolestrol di dalam darah tidak dapat bercampur hingga untuk transportnya kolestrol memerlukan “angkutan” yaitu LDL (low density lipoprotein - kolestrol jahat) dan HDL (high density lipoprotein - kolestrol baik). Terlalu banyak LDL dalam tubuh dapat menimbulkan komplikasi berupa plak pada jantung atau organ-organ lain. 

Sedangkan Kurang darah atau anemia adalah suatu keadaan dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh berada dibawah nilai normal. Anemia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yakni:

  • Anemia karena penurunan jumlah produksi sel darah merah, contohnya adalah pada kasus kekurangan nutrisi seperti zat besi atau vitamin B12.
  • Anemia karena peningkatan destruksi sel darah merah, contohnya adalah pada penyakit gangguan kekebalan tubuh atau penyakit talasemia (penyakit kelainan darah turunan).
  • Anemia karena kehilangan darah dalam jumlah yang besar, contohnya pada kecelakaan, trauma, menstruasi hebat atau perdarahan lainnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar