Sukses

Gigi Berlubang Setiap Makan Ngilu
12 Jan 2018, 11:27 WIB
Pria, 20 tahun.

Siang dok, saya mau bertanya mengenai gigi saya dok. Saya mempunyai masalah gigi berlubang, setiap kali makan ringan atau berat gigi saya ngerasa ngilu. Supaya Gigi saya tidak ngilu setelah makan solusinya gimana ya dok?

Terimakasih telah bertanya seputar gigi berlubang setiap makan ngilu melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Bila keluhan anda adalah gigi terasa ngilu saat mengunyah makanan, ada beberapa kemungkinan yaitu :

Pertama, memang ada karies pada permukaan kunyah gigi tersebut dan bila makanan masuk dan tersangkut dapat menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, peradangan pada jaringan periodontal (jaringan pendukung gigi) juga dapat menimbulkan nyeri. Peradangan ini bisa terjadi akibat akumulasi karang gigi atau karena adanya karies yang sudah menjalar ke akar dan jaringan periodontal.

Kemungkinan lainnya adalah karena adanya gigi yang tidak berkontak dengan baik dengan gigi sebelahnya, atau tonjol gigi lawan yang jatuh tepat di tengah antara dua gigi, sehingga saat mengunyah ada makanan yang mendesak masuk di antara dua gigi dan mendesak gusi. Jadi rasa sakit sebenarnya karena gusi yang terdesak makanan yang terjebak dan hanya bisa dikeluarkan dengan bantuan dental floss. Adanya makanan yang terjebak di antara dua gigi ini juga dapat menyebabkan bau mulut.

Namun untuk memastikan memang harus dilihat secara langsung, jadi kami sarankan Anda konsultasi langsung ke dokter gigi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi berlubang setiap makan ngilu, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar