Sukses

Tangan Linu dan Kesemutan

08 Jan 2018, 20:19 WIB
Wanita, 25 tahun.

selamat pagi, dokter saya mau tanya setelah saya melahirkan november kemarin persendian tangan kanan saya sangat linu. awalnya saya kira hanya pegel-pegel biasa tapi lama lama jadi terasa sakit dan linu sekali. terasa pada bagian pergelangan siku, tangan dan bagian jari ( paling terasa sekali jempol telunjuk dan jari tengah) . kalau sudah malam sampai pagi hari pasti kumat, dan bagian jari jika ditekuk sakit. sampai-sampai untuk angkat gayung maupun ngiris saat masak pagi sakit banget dok. dan sekarang bagian tangan kiri saya ikut - ikut an sakit sama seperti bagian kanan. ditambah sering kali kesemutan (apalagi saat naik kendaraan, kesemutan nya berterusan) padahal sebelumnya saat sebelum hamil maupun hamil sama sekali tidak ada keluhan seperti itu. kira - kira kenapa ya dok sakit yang saya itu? saya juga bingung untuk periksa kedokter , apakah periksa di poli syaraf atau periksa di poli orthopedi? terimakasih dan mohon bantuannya.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya kesemutan, baik kesemutan yang bersifat sementara ataupun kesemutan yang berlangsung jangka panjang (kronis). Baberapa hal yang dapat menimbulkan kesemutan yang sementara antara lain adalah :

penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, dll)

serangan panik

dehidrasi (kurang cairan)

kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan dsb

 

Sedangkan kesemutan yang berlangsung lama (kronis) dapat disebabkan oleh:

gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome), melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, dsb

gangguan jantung dan pembuluh darah

gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.

infeksi dan sindrom post-infeksi

gangguan jaringan ikat dan imunitas

kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi

kurang vitamin: vit B1, vit B5 dan B12

keganasan/tumor otakdsb

Berbahaya atau tidaknya belum diketahui karena diperlukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebab kesemutan yang Anda alami. Untuk sementara, Anda dapat mengkonsumsi multivitamin B kompleks untuk mengurangi keluhan. namun sebaiknya Anda konsultasi ke dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Abd******teng

    badan saya makin kurus. apa kebayakan onani yg si sebab kan badan saya drastis dok. terimasih atas jawaban nya dokter