Sukses

Penyebab Kram Bokong

08 Jan 2018, 19:37 WIB
Pria, 26 tahun.

Selamat Pagi Dok, tanya dong saya baru merasakan sakit di Bagian kiri bokong sekitar 2 bulan ini, dan sudah 3 hari kerasa kram gitu di bagian Paha kiri dan kalau saya tidur menyamping kiri kok sakit ya Dok ? Mohon jawabanya ..Makasih

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab kram bokong menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kram pada pantat hingga paha biasanya berlangsung selama beberapa menit, namun pada beberapa kasus keluhan ini dapat bertahan hingga 10 menit. Biasanya keluhan kram muncul pada saat beristirahat – umumnya malam hari saat penderita tidur. Salah satu teori menyebutkan bahwa pada malam hari posisi lutut sedikit tertekuk dan kaki sedikit menghadap ke bawah sehingga otot tungkai berada pada posisi memendek, yang memicu terjadinya gangguan kontraksi serta mengakibatkan terjadinya spasme otot atau kram. Beberapa latihan perenggangan otot dapat membantu mengatasi keluhan ini.

Beberapa penyebab lain yang dapat melatarbelakangi terjadinya kram otot tungkai adalah sebagai berikut:

Kerja otot betis yang terlalu berat karena berolahraga, terutama bila dekat waktu tidur. Olaharaga yang berlebihan menyebabkan penumpukan asam laktat pada otot sehingga energi tidak dapat masukDehidrasiKonsumsi alkohol yang berlebihKurangnya kadar kalium, kalsium, magnesium dan mineral-mineal lain dalam darahKekurangan vitamin BPenggunaan obat-obat tertentu, seperti antipsikotik, diuretik, statin, dan steroidMemiliki telapak kaki yang datarMenderita gangguan tiroid (ketidakseimbangan hormon), diabetes, atau hipoglikemiaGangguan pembuluh darah periferUdara kamar (AC) terlalu dingin. Pada saat dingin, pembuluh darah mengkerut untuk mempertahankan panas dalam tubuh, akibatnya suplai darah ke otot pun berkurang.Beberapa cara untuk mencegah kram pada otot tungkai adalah:

Tingkatkan konsumsi air putih (minimal 8 gelas per hari)Batasi konsumsi alkohol atau kafein, karena dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairanTingkatkan konsumsi makanan yangkaya mineral kalsium, kalium, dan magnesium seperti buah-buahan (pisang, anggur, jeruk) serta sayuran, kentang, jagung, tomatKonsumsi suplemen kalsium (Calc)Regangkan otot betis beberapa menit sebelum tidur (tarik jari-jari kaki ke arah lutut, tungkai dalam keadaan lurus).Untuk menghentikan kram saat terjadinya keluhan, Anda dapat berjalan keliling kamar, regangkan otot atau kompres hangat / dingin. Jika dengan cara-cara pencegahan dan penanganan di atas kram terus muncul, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke Dokter agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang secara menyeluruh.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar