Sukses

Ibu Hamil Bolehkah Menambal Tambalan Lepas

07 Jan 2018, 23:15 WIB
Wanita, 27 tahun.

Salam dok,.... Sy mau bertanya apa boleh,ibu hamil untuk tambal gigi depan,masalahnya saya sedang hamil 7 bln dok,sebenernya gigi depan sudah ditambal permanen gitu cm tambalannya lepas gitu,apakah bisa dan boleh untuk ditambal lagi dok....tlng dok saran dan info nya . Terimakasih..

Terimakasih telah bertanya seputar ibu hamil bolehkah menambal tambalan lepas melalui fitur Tanya Dokter.

Kesehatan gigi dan mulut pada masa kehamilan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat memberi dampak pada janin. Jadi gigi yang berlubang di masa kehamilan sebaiknya segera dirawat agar lubang gigi tidak berlanjut dan menjadi lebih parah. Pada kehamilan trimester kedua, yang merupakan waktu yang relatif aman untuk mendapatkan perawatan gigi. Pada trimester pertama, janin masih belum terlalu kuat dan sedang mengalami perkembangan organ vital, oleh karena itu perawatan gigi yang sifatnya tidak mendesak dapat ditunda hingga kehamilan mencapai trimester kedua. Begitu juga pada trimester ketiga, perawatan gigi yang dapat membuat ibu hamil berada di posisi terbaring lama di kursi gigi sebaiknya dihindari dan perawatan gigi dapat dilakukan setelah sang ibu melahirkan. Tapi bila perawatannya bersifat darurat maka sebaiknya disegerakan agar tidak menjadi masalah ke depannya, apalagi anda sudah mau waktunya melahirkan. 

Segera periksakan gigi Anda ke dokter gigi dan informasikan mengenai kehamilan Anda, karena jika penyakit gigi terlanjur parah, perawatannya dapat melibatkan pemeriksaan foto rontgen dan pemberian antibiotik yang sebaiknya dihindari di masa kehamilan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai ibu hamil bolehkah menambal tambalan lepas, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar