Sukses

Penyebab Telat Haid

07 Jan 2018, 19:00 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat pagi dok Aku umur 21 thn, mau nanya kenapa belakangan udah sekitar 5 bulan aku telat haid yaa padahal siklus mens biasanya maju sekitar 5 harian dan beberapa bulan belajang telat sekitan seminggu atau 6 harian. Sempat ke dokter katanya ada cairan bebas di rahim. Akhirny dikasih obat untuk meliruhkan karna sepertinya memang telat saja. 2 bulan kemudian ke dokter lagi dengan keluhan keputihan yang banyak dan terus menerus sampe mengotori celana dalem, keputihannya kadang cair kadang kental warna bening atau kadang putih susu dan banyak. Setelah ke dokter dikasih floragyn minum dan masuk ke vagina. Pas didokter juga vagina aku dibuka dan dibersihin sama dokternya dan surprisingly setelah itu aku ga keputihan lg. Oiya di usg kedua itu udah gaada cairan bebas dan gaada kista maupuh miom kata dokternya. Nah setelah aku dapet lagi nih which is aku telat sehari, setelah selsai mens aku mulai keputihan yang banyak itu lagi. Btw aku cuman minum floragyn yg fiminum gapake yang fimasukin ke vagina karna gatau cara pakenya. Jadi aku mau tanya kenapa bisa aku keputihan sampe sebegitunya dan apa ada hubungannya sama telat haid? Dan dari ciri2 keputihanku kira2 kemungkinan penyebabnya karna apa ya dok? Dan keputihan itu biasanya keluar kalo aku kebelet pipis gaada rasa gatal ataupun nyeri cuman memang ada rasa kurang nyaman di perut kanan bawah atau terkadang dibelakang seperti di tempat ginjal berada Mau nanya satu hal lagi, apa kalau wanita ejakulasi(gatau bahasa yg bener apa hehe) itu bisa membuat keputihan sampai berhari2? Terimakasih dok:)

Terima kasih atas pertanyaan Anda tentang penyebab telat haid menggunakan fitur Tanya Dokter

Telat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu.

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid anda selama ini?

Penyebab tidak haid ada banyak sekali, belum tentu terjadi kehamilan.

Pertama izinkan kami menjelaskan tentang gangguan siklus haid.

Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan.

Silakan klik next untuk melanjutkan.

Penyebab Terlambat HaidAdapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

Malnutrisi (kurang gizi)

Stres psikologis

Atlet

Kekurangan vitamin K

Penggunaan obat-obatan tertentu

Kelainan pembekuan darah

Gangguan hormon tiroid

Dan lain sebagainya

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat Anda ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Bila memang negatif, berarti kemungkinan besar tidak ada kehamilan. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter kebidanan dan kandungan.

Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti.

Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain:

sering berkemih

pembesaran dan nyeri payudara

mual

perasaan lelah

daerah sekitar puting susu menghitam

peningkatan suhu tubuh

flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi

terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Tes Kehamilan

Telat Haid? 4 Faktor ini Penyebabnya

Siklus Menstruasi yang Normal

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagiAnda.

0 Komentar

Belum ada komentar