Sukses

Penularan Difteri

05 Jan 2018, 22:09 WIB
Pria, 14 tahun.

Pemisi saya mau tanya,jadi gini Guru saya ada yg bilang ke murid-murid soal Tikus dan cabe sebagai penyebab difteri tapi saya bilang itu hoax tapi Guru saya bilang kalo dia dapet info itu dari dokter.Nah pertanyaan-nya,benarkah hal itu?mengingat saya pernah dengar katanya kemenkes bilang kalo hal itu bukan penyebab difeftri tapi takut-nya saya salah denger.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Penyakit difteri merupakan infeksi bakteri yang memiliki efek serius pada selaput lendir hidung dan tenggorokan. Bakteri penyebab penyakit ini, Corynebacterium diphtheria, mampu menghasilkan racun yang merusak jaringan pada manusia, terutama pada hidung dan tenggorokan.

Difteri biasanya menyerang anak-anak. Namun juga bisa menyerang orang dewasa. Tanda dan gejala penyakit ini biasanya terjadi setelah 2-5 hari pasca infeksi. Sakit tenggorokan (nyeri menelan), pembengkakan kelenjar pada leher, kesulitan bernapas, demam, kulit kemerahan disertai pembengkakan, dan perasaan tidak nyaman adalah beberapa gejala yang biasanya terjadi.

Penyakit difteri sangat berbahaya, dan dapat menular ke siapa saja. Penularannya melalui droplet (udara dari bersin dan batuk, ingus, ludah, dan dahak). Adapun cabe dan tikus bukan sumber penularan difteri.

Jika Anda mencurigai adanya penyakit ini pada diri sendiri atau kerabat, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter. Imunisasi DPT serta deteksi dini dan isolasi diri penderita merupakan cara terbaik untuk mencegah penyebaran penyakit difteri.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar