Sukses

Terlambat Haid

05 Jan 2018, 13:10 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat malam dok, umur saya 23 tahun dan belum menikah. Saya mau konsultasi masalah siklus menstruasi. Biasanya, siklus menstruasi saya teratur, tiap bulan siklusnya antara 17-35 hari. Tapi, sampe hari ini saya hitung siklusnya 37 hari dan belum ada tanda-tanda haid. Pola makan teratur. Hanya kadang-kadang ada rasa nyeri di perut bagian bawah. Tapi nyeri sebentar, lalu hilang. Saya mau tanya, apa siklus saya untuk bulan ini yg sampe 37 hari itu normal? Lalu bagaimana agar bisa melancarkan haid seperti biasa?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya seputar telat haid di fitur tanya dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Untuk siklus haid yang normal umumnya dihitung dengan menghitung dari hari pertama haid sampai hari pertama haid berikutnya. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-7 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. 

Jika siklus haid terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan di atas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan perlu dievaluasi lebih lanjut. Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat, antara lain:

  1. Kehamilan
  2. Stress dan depresi
  3. Nutrisi yang kurang
  4. Penurunan berat badan berlebihan
  5. Olahraga berlebihan
  6. Obesitas
  7. Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh
  8. Gangguan indung telur
  9. Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi hormonal, dll
  10. Penyakit kronik dan Sindrom Asherman

Sebaiknya Anda makan makanan bergizi, istirahat yang cukup (tidur malam 6-8 jam per hari), lakukan olahraga ritmik secara rutin (berenang, jogging, jalan cepat, bersepeda). Anda dapat melakukan pemeriksaan testpack juga untuk mengkonfirmasi apakah terjadi kehamilan atau tidak. Periksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi seputar telat haid ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar