Sukses

Tersangkut Tulang Ikan
05 Jan 2018, 12:32 WIB
Pria, 50 tahun.

Tenggorokan saya ada tulang ikan yang sudah sekitar 3 minggu tidak bisa keluar...dan terasa sakit bila tertusuk...saya sudah coba dengan cara makan gumpalan nasi, pisang dll Semua itu tidak berhasil... Apa resiko & cara penanganannya ... Mohon Dokter dapat berikan jalan keluar .... Terima kasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya seputar tertelan tulang ikan di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Agar tulang ikan tidak tersangkut lama di tenggorokan, Anda dapat mencoba hal-hal berikut ini :

1. Batuk

Hal paling pertama yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan adalah batuk dengan keras yang disengaja. Cara ini dapat membantu Anda untuk mengeluarkan tulang ikan yang tersangkut tersebut.

2. Minum air garam

Bila dengan batuk tulang belum berhasil keluar, cobalah untuk meminum air garam. Campurkan air hangat suam-suam kuku dengan sejumput garam. Bila tulang ikan berukuran kecil, biasanya dapat ikut tertelan bersama air garam ke dalam saluran pencernaan.

3. Menelan marshmallow

Menelan marshmallow juga bisa dicoba untuk membantu melepas tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Kunyah sedikit marshmallow agar lunak saat ditelan. Selanjutnya, minumlah air putih untuk memperlancar masuknya marshmallow bersama tulang ikan ke dalam saluran pencernaan. Selain marshmallow Anda juga dapat menggunakan potongan roti dan selai kacang yang memiliki sifat lengket yang serupa seperti marshmallow. Sekepal nasi yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil juga dapat Anda jadikan alternatif pengganti. Pastikan ukurannya mudah untuk ditelan.

4. Minum minyak zaitun

Rebuslah segelas air yang dicampur dengan minyak zaitun. Kemudian, minumlah campuran minyak zaitun tersebut pada saat masih hangat. Diharapkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan Anda akan melunak dan lebih mudah masuk ke dalam saluran pencernaan.

5. Makan pisang

Makanlah sepotong pisang dan biarkan beberapa menit di dalam mulut hingga basah serta melunak tanpa mengunyahnya. Sesaat setelah itu, telanlah pisang tersebut secara perlahan ke dalam tenggorokan Anda.

6. Minum air cuka

Minumlah cuka yang dicampur dengan air. Cara ini diharapkan dapat melunakkan tulang yang tersangkut hingga bisa masuk terus ke saluran pencernaan Anda.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter apabila cara tersebut tidak berhasil. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar