Sukses

Perawatan Gigi Di Usia Dini
02 Jan 2018, 23:01 WIB
Wanita, 27 tahun.

Hallo dok.... Saya ingin bertanya dok, anak saya saat ini baru berusia 3 bulan 3 minggu, tetapi sudah mulai tumbuh gigi, apakah itu normal dok sedangkan untuk MPASI masih beberapa bulan lagi? Lalu apakah harus memberikan MPASI lebih awal sehubungan dengan hal tersebut?? Dan bagaimana perawatan gigi di usia dini tersebut? Terima kasih..

Terimakasih telah bertanya seputar perawatan gigi di usia dini melalui fitur Tanya Dokter.

*Cara merawat gigi bayi di usia dini, antara lain :

-Biasakan membersihkan mulut bayi walaupun giginya belum tumbuh, yaitu dengan menggunakan kain yang bersih atau sikat gigi khusus bayi ketika mandi.

-Ketika gigi telah tumbuh, maka bersihkanlah gigi setidaknya dua kali dalam sehari.

-Hindari pemberian empeng atau benda lain sejenis yang dibaluri/dicelupi gula atau sesuatu yang bersifat manis.

-Jangan biasakan anak tertidur dengan kondisi masih minum dengan botol dot berisi cairan yang mengandung gula, karena bisa menyebabkan gigi berlubang atau karies pada bayi yang disebut early childhood caries, dan hal ini cukup membahayakan bagi kesehatan gigi bayi.

-Bawalah anak untuk mengontrol giginya ke dokter sedini mungkin, yaitu mulai usia satu tahun. Dengan kebiasaan kontrol ke dokter gigi sejak dini akan menyebabkan anak nantinya terbiasa ke dokter gigi dan tidak takut lagi jika memang harus melakukan perawatan gigi.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

- Makanan yang Bisa Memperkuat Gigi Anak

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai perawatan gigi di usia dini, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar