Sukses

Penyebab Berat Badan Turun Drastis
01 Jan 2018, 22:08 WIB
Pria, 19 tahun.

dok izin tanya, berat badan saya turun drastis dari angkan 60-63 sekarang malah ke 53-55 saat ditimbang terakhir, nah itu kenapa ya dok? saya tidak sakit selama brrat badan turun itu . terimakasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter 

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pada dasarnya, berat badan turun dapat dipengaruhi oleh banyak sekali kondisi. Beberapa penyakit yang dapat membuat berat badan turun adalah beban pekerjaan yang terlalu berat, stres psikologis, penyakit hipertiroid, diabetes melitus, TBC, HIV/AIDS, Kanker dan banyak lagi.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu.

Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.

Kami menyarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Setelah diagnosis ditegakkan, barulah dokter akan memberikan penanganan yang tepat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar