Sukses

Perbedaan Darah Implantasi dan Menstruasi

31 Dec 2017, 11:04 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok apa bedanya darah implantasi dan darah menstruasi. Dan apakah darah implantasi dapat keluar hanya jarak 5 hari setelah berhubungan intim?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter 

 Darah yang keluar, bisa merupakan darah menstruasi, namun bisa juga darah akibat implantasi embrio saat terjadi kehamilan. Untuk itu, akan kami bahas mengenai perbedaanya.

Pada umumnya darah yang keluar saat implantasi hanya berlangsung sebentar dengan jumlah yang sedikit dan tidak berbentuk gumpalan.

Darah implantasi terjadi jika telur yang dilepaskan dari ovarium bertemu dengan sperma, membentuk zigot, dan menempel/berimplantasi di dinding rahim. Hal ini umumnya terjadi 10-14 hari setelah pembuahan/setelah ovulasi.  Selanjutnya, anda dapat melakukan test pack untuk memastikan kehamilan tersebut.

Jika darah yang keluar dari vagina dalam jumlah banyak, berhari-hari, dan bertepatan dengan jadwal menstruasi Anda, berarti darah tersebut adalah darah menstruasi, bukan darah implantasi. Karena jika implantasi terjadi, Anda tidak akan mendapatkan menstruasi, dan sebaliknya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar