Sukses

Infeksi TORCH pada ibu hamil

31 Dec 2017, 10:52 WIB
Wanita, 42 tahun.

Dengan Hormat, perkenalkan Dokter saat ini saya memasuki kandungan 21minggu.saya terdeteksi virus Torch IgG dgn titer650 dan IgM 0.93. Rubela,Cmv IgM, Hsv1 IgM non reaktif .Saya menjalani terapi minum obat antibiotik sudah 3bulan.Pertanyaan saya, apakah titik bahaya untuk janin saya masih besar Dokter? Adakah kemungkinan2 buruk pada janin saya? Mohon penjelasanny Dokter.Terimakasih banyak

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter 

Saya memahami kekhawatiran yang anda rasakan. Pertama izinkan saya menjelaskan tentang diagnosis TORCH.

TORCH merupakan suatu kumpulan infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii, virus Rubela, Citomegalovirus (CMV), dan Herpes Simpleks Virus (HSV). TORCH yang berada dalam keadaan tidak aktif di dalam tubuh tidak akan menimbulkan keluhan apa-apa pada penderitanya dan tidak akan menular kepada pasangan. Namun, ketika daya tahan tubuh anda menurun, misal saat hamil atau sakit berat, infeksi tersebut dapat menilmbulkan beberapa gejala-gejala tergantung penyebabnya, seperti timbulnya bercak-bercak merah pada tubuh disertai badan panas (akibat rubela), timbulnya gangguan penglihatan (akibat CMV), timbulnya kumpulan vesikel-vesikel (gelembung) kecil pada kulit yang tampak merah dan sakit (akibat HSV), dll. Saat sedang kambuh dan menimbulkan gejala-gejala tersebut, virus rubela, CMV dan herpes dapat ditularkan kepada pasangan melalui hubungan seksual, air liur, lewat udara, kontak fisik, dll. Sementara infeksi toksoplasma tidak akan ditularkan kepada pasangan anda.

Sayangnya anda tidak menampilkan data mengenai cut-off atau nilai referensi dari laboratorium Anda untuk menunjukkan apakah IgG atau IgM anda termasuk ke dalam nilai tinggi atau tidak. Jika nilai IgG + biasanya menunjukkan infeksi lampau sedangkan jika IgM anda + menunjukkan infeksi saat ini.

Pengobatan dini dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit dan membantu mengatasi keluhan-keluhan yang timbul. Saya menyarankan agar Anda terus berkonsultasi dengan dokter Kandungan dan tetaplah berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa, agar kehamilan Anda diberkahi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar