Sukses

Perubahan siklus menstruasi
31 Des 2017, 10:48 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, sy mau tanya. Biasanya kan sy menstruasi tgl 26, di bulan ini sy menstruasinya di tgl 25. Tpi kok sy haid nya cuman dua hari padahal biasanya 1 minggu, terus darah yg keluar cuman warna coklat dan sedikit, setelah nggak ad lagi dok,,,, itu knp ya dok

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Perlu diketahui mengenai siklus menstruasi yang normal. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid berikutnya. Menstruasi akan berlangsung dengan siklus 21-35 hari selama 2-7 hari dengan volume 20-60 mL/hari. Oleh karena siklus menstruasi berbeda tiap orang maka definisi menstruasi "normal" pun bervariasi setiap individu. Beberapa hal yang penting dicatat mengenai menstruasi Anda adalah tanggal mulai dan berhentinya, banyaknya pembalut yang digunakan dalam satu hari, adakah perdarahan abnormal di antara dua siklus menstruasi, dan nyeri menstruasi yang berlebihan.

Perlu juga diketahui bahwa siklus menstruasi erat kaitannya dengan pola makan, aktivitas sehari-hari, dan stress psikologis. Bagaimana dengan Anda, bagaimana dengan pola makan Anda beberapa hari belakangan? Bagaimana aktivitas Anda sehari-hari, adakah aktivitas yang terlalu berat yang Anda lakukan? Adakah stress psikologis yang sedang Anda alami saat ini? 

Periksakan diri Anda ke dokter bila:

Menstruasi Anda berhenti lebih dari 3 bulan dan Anda sedang tidak hamil

Menstruasi Anda berlangsung lebih dari 7 hari

Menstruasi Anda lebih banyak dari biasanya, hingga Anda harus mengganti pembalut setiap 1-2 jam

Siklus menstruasi Anda berlangsung kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari

Anda mengalami flek-flek kecoklatan diantara siklus menstruasi

Anda mengalami nyeri yang hebat sewaktu menstruasi hingga mengganggu aktivitas sehari-hari

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab perubahan siklus menstruasi Anda dan bagaimana mengatasinya.

Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi mengenai keinginan Anda dan suami untuk cepat mendapat keturunan. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mencari tahu penyebabnya baik dari pihak Anda maupun suami sehingga bila penyebabnya sudah diketahui, dapat ditatalaksana sesuai dengan penyebabnya. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar