Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Sperma Berwarna Kuning

30 Dec 2017, 16:11 WIB
Pria, 24 tahun.

Tiba2 sperma saya berwarna agak kuning, sudah semingguan dan saya penasaran, saya coba keluarin terus setiap hari sekali, trnyata msh kuning. Saya tidak merasakan sakit apa2 d bagian lenis ataupun buan zakar, saya tidak ganti2 pasangan seks, tp saya pernah melakuan hub seks saat pasangan sdg haids, dan itu trjd wktu trkhr hub kmren.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya seputar sperma berwarna kuning di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Secara normal sperma mempunyai warna putih atau abu - abu muda. Sebagian besar perubahan warna sperma adalah suatu kondisi yang normal. Namun, perubahan warna yang berlangsung berminggu - minggu hingga beberapa bulan harus dicermati dan dicari penyebabnya oleh tenaga kesehatan.

Berbagai penyebab sperma kekuningan bisa disebabkan oleh asupan makanan, umur, asupan vitamin, frekuensi hubungan seksual, penyakit, dsb.

Asupan makanan yang tinggi sulfur dapat menyebabkan perubahan warna sperma. Makanan tinggi sulfur seperti bawang putih, bawang bombay, kacang - kacangan, selada, brokoli, dan asparagus dapat menyebabkan sperma memiliki warna kekuningan. Jika anda sering mengkonsumsi makanan seperti ini, anda disarankan untuk menguranginya dan meminum banyak air putih agar sulfur yang tidak diperlukan oleh tubuh dapat keluar bersama urin.

Umur juga dapat berpengaruh. Seiring dengan bertambahnya umur, dapat terjadi perubahan warna sperma. Perubahan yang biasa dialami adalah warna sperma menjadi kekuningan dan karena terjadi secara perlahan banyak yang tidak menyadarinya. Multivitamin juga dapat berpengaruh, jika anda merasa hal ini yang menyebabkan anda dapat mengurangi dan lihat apakah sperma anda sudah memilki warna normal atau tidak.

Penyebab lain adalah suatu penyakit. Pada cairan sperma yang berwarna kekuningan, kehijauan, atau keemasan dapat terjadi karena infeksi pada prostat. Cairan yang kental, padat, atau seperti jelly dapat terjadi karena kadar hormon yang sedikit. Warna pink, merah, atau coklat tua dapat mengindikasikan terdapatnya darah yang disebabkan karena perdarahan pada prostat. Penyakit menular seksual (PMS) juga dapat merubah warna cairan sperma. Pada PMS selain perubahan warna, juga terjadi bau sperma yang busuk atau lain daripada normal. Selain itu juga dapat terjadi nyeri, demam, dan penyakit penyerta lainnya.

Kami menyarankan anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis andrologi atau dokter spesialis bedah urologi untuk mencari penyebab dan diagnosis yang tepat sehingga anda lekas sembuh.

Demikian informasi seputar sperma berwarna kuning ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar