Sukses

Penyebab Perut Kembung

30 Dec 2017, 10:54 WIB
Pria, 29 tahun.

Mau tanya dok. Anak sy usia 11 bulan dia sering kembung perutx dan skrg ini dia flu batuk serta mencret. Apa yg hrus sy lakukan dok

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab perut kembung menggunakan layanan Tanya Dokter

Frekuensi BAB bayi tidak sama seperti saat dewasa. Namun sebagai patokan kasar, Anda tidak perlu khawatir selama bayi Anda tetap tampak sehat, berat badan tetap bertambah, perut tidak kembung dan bayi Anda tidak rewel. Memang wajar terjadi perubahan dalam frekuensi BAB bayi dengan semakin bertambahnya usia bayi, hal tersebut menunjukkan bahwa seluruh produk yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap oleh sistem pencernaan bayi. Tidak ada batas waktu yang dapat dijadikan patokan waktu yang normal bagi bayi untuk BAB. Frekuensi buang air besar pada bayi bervariasi, dapat 4 - 10 kali sehari atau sebaliknya, sekali dalam 3 - 7 hari.

Pertama izinkan kami menjelaskan tentang diare terlebih dahulu. Diare merupakan suatu kondisi dimana terjadi peningkatan frekuensi BAB yaitu lebih dari 3x dengan perubahan konsistensi BAB menjadi cair. Diare pun dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari) , persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan).

Yang perlu Anda khawatirkan adalah jika perubahan frekuensi BAB pada bayi Anda disertai dengan timbulnya keluhan-keluhan seperti bayi menjadi lebih rewel, perut kembung dan teraba keras, sering muntah, berat badan tidak naik, demam tinggi, BAB berdarah, bayi menjadi lemas, penurunan kesadaran, badan bayi menjadi sangat dingin, tidak menangis lagi, dll. Jika hal-hal tersebut terjadi pada bayi Anda, kami sarankan sebaiknya Anda segera membawa bayi Anda ke dokter anak. Mengenai bau menyengat, apakah setiap BAB?

Selama bayi Anda mendapatkan asupan nutrisi yang baik dari asupan susunya maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Selama nafsu makannya baik maka anak Anda dapat memperoleh asupan nutrisi yang baik. Anda juga dapat mengakses Rubrik Pertumbuhan dan Perkembangan Anak sebagai panduan informasi perkembangan anak. 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga dapat membantu.

1 Komentar

  • Tap******Mamuju

    Mau tanya dok anak saya umurnya 9 bulan klw mau BAB dok lalu nangis karna keras dia punya bab klw sudah saya masukan mikrolaks baru bab nya keluar selang 2atau3 hari begitu lagi sejak umur 6 bulan mulai keras bab nya dok solusi dok gimana