Sukses

Siku Tangan Bergeser

20 Dec 2017, 10:31 WIB
Wanita, 21 tahun.

Hallo dok.. aku mau tanya.. kalau untuk siku tangan yang bergeser terus kejadiannya udah waktu kecil kemungkinan bisa normal lagi ada nggak ya? Untuk nyeri sih tidak ada. Hanya saja tulang yang bergeser terlihat menonjol. Dan juga harus operasi ya dok kalo mau di luruskan lagi? Makasih dok

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya seputar siku bergeser di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Dislokasi sendi siku berarti adanya pergeseran antar tulang lengan bawah dengan lengan atas. Tulang-tulang tersebut bergeser dari letak seharusnya. Tulang-tulang yang berada di sekitar siku dihubungkan dengan sebuah jaringan yang disebut ligamen. Ligamen berfungsi untuk menstabilkan antar tulang. Dislokasi dapat terjadi jika adanya robekan di salah satu ligamen.

Pada kasus dislokasi sendi dapat terjadi cedera pada pembuluh darah dan syaraf. Pada kasus dislokasi sendi siku paling sering terjadi cedera pada a.brachialis dan nervus medianus/radialis. Setelah pengobatan yang sesuai dan operasi, sendi dapat kembali hampir seperti normal, meskipun nyeri terkadang masih dapat dirasakan. Pada pasien dengan dislokasi sendi, kesembuhan akan lebih optimal dengan adanya rehabilitasi.

Untuk menilai apakah terjadi cedera syaraf/tidak diperlukan pemeriksaan secara langsung. Kami sarankan Anda untuk berobat ke dokter spesialis bedah tulang (spesialis orthopedi), agar Anda mendapatkan pengobatan yang sesuai untuk kasus Anda. Kami sarankan pula Anda untuk tidak sembarang mengurut sendi yang dislokasi karena dapat mengakibatkan perburukan. Selalu kontrol dan konsulkan kondisi Anda ke dokter yang menangani Anda.

Demikian informasi seputar siku bergeser ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar