Sukses

Kehamilan Setelah KB Suntik

17 Dec 2017, 20:59 WIB
Wanita, 25 tahun.

Siang dok..sy Dwi umur 25.suami 35..mau tanya sm dokter.sy ingin promil anak ke dua..lepas KB suntik 1bulan sejak mei 2017 lalu..tp selama itu jg sy jg tdak haid dok..apa itu normal? Apa sy bisa hamil cepeT dok? Minta saran dokter ya.mksih

Terima kasih telah bertanya tentang kehamilan setelah suntik KB melalui fitur Tanya Dokter.

Kontrasepsi suntikan KB mengandung hormon yang berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan atau bahkan tidak haid. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Pada pemakaian KB suntik, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan - 1 tahun setelah pemakaian KB suntik dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Namun hal ini berbeda- beda pada setiap individu.

Namun jika lebih dari satu tahun lepas suntik KB Anda masih mengalami haid yang tidak teratur, kami menyarankan agar Anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk diagnosis dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kehamilan setelah suntik KB. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar