Sukses

Pengobatan Jamur pada Kulit
16 Dec 2017, 16:48 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok mau tanya.. Saya mudah sekali berkeringat.. Dan tiba tiba muncul titik hitam di area pori pori kulit saya di bagian punggung.. Saya bertanya di apotik katanya sejenis jamur.. Apa kah bisa diobati? Mohon bantuannya dok.. Terima kasih..

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter 

Mengatasi keluhan infeksi jamur pada kulit dapat dibagi menjadi 2 cara, yaitu penanganan menggunakan obat dan penanganan dengan tidak menggunakan obat.

Untuk penanganan infeksi jamur di kulit menggunakan obat, beberapa kelainan yang timbul akibat infeksi jamur pada kulit dapat diobati dengan menggunakan obat oles atau krim anti jamur. Namun pada beberapa kelainan lain, infeksi jamur pada kulit membutuhkan obat minum. 

Pada beberapa kondisi, pemakaian obat antijamur untuk mencegah infeksi jamur pada kulit memerlukan dosis dan cara pemakaian khusus, misalnya pada tinea unguium atau jamur pada kuku yang membutuhkan pengobatan yang memakan waktu lama, hingga berbulan-bulan dengan cara pemakaian obat yang tidak umum. Oleh karena itu, sebelum menggunakan obat antijamur tersebut, Anda sebaiknya mengunjungi dokter untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

Anda dapat melakukan beberapa hal berikut guna mencegah terjadinya infeksi jamur secara umum. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

Upayakan untuk menghilangkan faktor pencetus infeksi, misalnya untuk tinea pedis dengan keluhan jamur pada jari kaki, untuk menyembuhkan dan menghindari terulangnya infeksi, maka sebaiknya Anda menjaga kondisi kaki agar tetap kering dan menghindari hal-hal yang membuat kaki menjadi lembap. Dan perlu Anda ingat, faktor pencetus setiap infeksi jamur sangat bervariasi. Apabila Anda tidak mengetahui faktor pencetus infeksi jamur yang terjadi pada diri Anda, diskusikan faktor pencetus ini dengan dokter Anda.

Tingkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Usahakan untuk tidak bertukar barang pribadi, seperti pakaian, pakaian dalam, dan handuk.

Jaga kebersihan diri secara keseluruhan dengan baik, misalnya mandi minimal 2 kali sehari dengan sabun.

Pengobatan infeksi jamur pada kulit, selain untuk mengobati infeksi yang terjadi, juga untuk mencegah terjadinya infeksi lain yang disebabkan oleh mikroorganisme lain, seperti bakteri. Dalam dunia medis, hal ini dikenal sebagai infeksi sekunder.

Oleh karena itu, setiap kelainan yang terjadi pada kulit akan sangat baik apabila dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Sebab, setiap kelainan yang terjadi bisa menyerupai kelainan lain. Apabila diberikan penanganan dengan cara yang salah, hal ini justru dapat menyebabkan efek samping pada kulit.

Selain itu, cara penggunaan obat juga sangat bervariasi, tidak seperti pada penyakit lainnya. Misalnya untuk penggunaan obat oles, ada obat yang dioles hanya di kelainan yang terjadi pada kulit saja, ada pula yang dioles sampai sekitar kelainan kulit tersebut. Selain itu, ada juga sampo yang digunakan pada kulit (bukan kulit kepala) untuk obat.

Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter untuk diagnosis pasti. Gejala penyakit kulit banyak yang mirip, diperlukan analisa dan pemeriksaan langsung oleh dokter untuk membedakannya. Sebaiknya tidak menggunakan sembarang obat diagnosis dapat ditegakkan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar