Sukses

Benjolan Pada Zakar

14 Dec 2017, 10:50 WIB
Pria, 18 tahun.

Pada zakar terdapat satu benjolan yng saya tdak pasti apakah ia tapi bile diusik atau diurut sperti ade sesuatu yng keras seperti urat yng keras tpi tidak berasa sakit

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter 

Keluhan Anda sepertinya mengarah kepada penyakit yang disebut dengan Varikokel. Varikokel merupakan pembesaran vena di bawah kantong kulit yang membungkus testis (disebut juga skrotum). Varikokel seperti varises yang terjadi di tungkai bawah. Varikokel dapat menyebabkan produksi sperma dan kualitasnya berkurang. Namun, tidak semua tipe varikokel mengganggu produksi sperma. Varikokel juga dapat menyebabkan testis tidak berkembang dengan normal atau malah mengecil.

Varikokel seringkali tidak memberikan gejala dan jarang menyebabkan nyeri. Jika ada nyeri, karakteristiknya berupa:

Rasa tidak nyaman atau nyeri tumpul hingga tajam

Nyeri bertambah ketika berdiri atau melakukan aktivitas fisik dalam waktu yang lama

Nyeri berkurang ketika berbaring telentang

Varikokel sering muncul saat pubertas dan biasanya terjadi pada sisi kiri. Namun, varikokel pada satu testis bisa mengganggu produksi sperma di kedua testis. Seiring berjalannya waktu, varikokel dapat membesar dan makin kelihatan. Pada pria muda, jika varikokel mengganggu produksi sperma, dapat diperbaiki dengan pengobatan.

Kami menyarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi. Dokter akan melakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Setelah diagnosis ditegakkan, barulah dokter akan memberikan penanganan yang tepat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar