Sukses

Mengatasi Ambeyen

11 Dec 2017, 21:06 WIB
Wanita, 22 tahun.

Hallo Dok, saya seorang perempuan berusia 22 tahun. Saya menderita ambeien grade 3. Disarankan untuk operasi tetapi saya masih takut karena gak kuat nahan sakit. Yang mau saya tanyakan untuk ambeien grade 3 ini apakah ada alternatif lain selain operasi? Terima kasih dok.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter 

Wasir dibagi dalam IV derajad keparahan :

Grade I: Terjadi pembengkakkan yang masih didalam dubur sehingga tidak terlihat. Gejala yang paling menonjol adalah  perdarahan waktu buang air besar (darah segar dapat menetes ataupun  mancur) dan tidak sakit

Grade II: Wasir keluar tetapi masuk kembali secara spontan waktu selesai buang air besar .

Grade III: Wasir tidak dapat masuk spontan dan harus dibantu dengan jari atau lama baru masuk.

Grade IV: Meskipun wasir dapat masuk, tetapi mudah keluar kembali jika melakukan kegiatan fisik.

Pembagian derajat keparahan penting  hanya untuk menentukan cara pengobatan apa yang terbaik . Sebenarnya pada wasir tidak ada kata parah atau terlambat. Pada wasir derajad IV  pun jika penderita tidak merasa terganggu dan dapat hidup dengan keadaan seperti ini, maka tidak perlu dilakukan pengobatan.

Indikasi pengobatan tergantung apakah terasa mengganggu atau tidak. Misalnya jika setiap buang air besar berdarah, maka tentu perdarahan ini harus dihentikan. Atau jika wasir selalu keluar sehingga mengganggu aktivitas sehari hari .

TerapiPada derajat I: Pengobatan masih dapat dilakukan secara konservatif yaitu dengan minum obat, salep, suppositori. Disamping itu perubahan gaya hidup dan makan dengan banyak makan makanan berserat dan mengusahakan supaya buang air besar lancar dan faeces tidak keras. 

Pada derajat II: Pengobatan yang dilakukan seperti pada derajat I biasanya sudah tidak berhasil. Disini dapat dilakukan tindakan penyuntikan, pengikatan dengan karet khusus (rubberband ligation), IRC (Infrared Coagulation) atau pemanasan, DGHAL (Doppler Guided Hemorrhoidal Artery Ligation) adalah pengikatan pembuluh darah wasir dibawah USG Doppler.

Pada dasarnya  tujuan tindakan-tindakan diatas adalah untuk mengecilkan wasir itu dan umumnya dapat dilakukan pengobatan secara rawat jalan saja.

Pada wasir derajat III: jika tidak terlalu banyak atau terlalu besar masih dapat dilakukan tindakan  seperti diatas. Tetapi jika wasir sudah menyeluruh atau besar, maka pengobatan yang terbaik adalah dengan jalan operasi.Pada operasi wasir yang membengkak ini dipotong dan dijahit biasanya dalam anastesi spinal (pembiusan hanya sebatas  pusar kebawah) sehingga pasien tidak merasa sakit, tapi tetap sadar. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar