Sukses

Manfaat tertawa

10 Dec 2017, 01:00 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok saya seriiing sekali tertawa sampai semua temen saya heran kenapa saya suka ketawa, dampak positif negatif sering tertawa apa ya dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

 Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter 

Manfaat tertawa di antaranya:

 Aliran darah yang lebih baik. Efek menonton film komedi dibanding film drama pada tubuh yang diteliti ternyata menunjukkan bahwa penonton film komedi memilliki aliran darah yang lebih baik ketimbang mereka yang menonton film drama.

Sistem pertahanan tubuh (imunitas) yang lebih baik. Tertawa juga telah diteliti dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga dapat lebih mudah melawan infeksi.

Kadar gula darah yang lebih rendah. Pada suatu penelitian juga didapatkan bahwa setelah makan, pada kelompok orang yang menonton komedi dan tertawa, kadar gulanya lebih rendah ketimbang pada kelompok orang yang tidaktertawa.

Relaksasi dan tidur yang lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa setelah tertawa, tubuh seseorang menjadi lebih rileks sehingga lebih mudah untuk tidur.

Memori yang lebih baik. Pada orang-orang tua yang tertawa dengan rutin didapatkan memori yang lebih baik.

Namun demikian, perhatikan timing dan cara tertawa sehingga anda tidak dinilai sebagai orang yang tidak serius atau suka tertawa tidak pada tempatnya. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar