Sukses

Hymen Robek Akibat Terjatuh

09 Dec 2017, 21:45 WIB
Pria, 35 tahun.

Malam dok... ...anak perempuan sy umurnya 4 tahun terjatuh dr sepeda dan kemaluannya terkena besi tumpuan sadel nya... Keluar bercak darah sdikit dr vaginanya... Apakah selaput darahnya robek? Apakah bahaya dan muncul penyakit lain dok??? Trima kasih dan mohon penjelasannya dok...

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya seputar kondisi hymen di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.  Selaput dara atau di dalam dunia medis dikenal dengan nama hymen adalah selaput membran mukosa yang berada di depan liang vagina. Pada wanita muda, hymen cenderung tipis sehingga mudah robek. Robekan dapat disebabkan karena hubungan seksual atau non-seksual (berolahraga, berkuda, bersepeda, senam). Namun ada juga jenis selaput dara wanita yang lebih elastis sehingga tidak mudah robek.

Dalam kasus Anda, perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah trauma yang anak Anda alami telah menyebabkan robekan pada selaput dara atau tidak. Sulit bagi kami untuk mengetahui nya tanpa dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. berdasarkan penelitian yang ada, selaput dara yang mengalami trauma (menjadi robek), baik karena penetrasi penis ataupun bukan, pada saat usia sebelum pubertas atau pada saat mendekati remaja memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri dan hampir tidak ada atau sedikit sekali bekas traumanya. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri langsung ke dokter guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi seputar kondisi hymen ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar