Sukses

Alergi pada bayi

09 Dec 2017, 14:15 WIB
Wanita, 35 tahun.

Hallo dokter... Anak saya berusia 5 bulan 17 hari ,, saya baru coba mpasi dengan memberikan pisang , anak saya doyan sy kasih sedikit tp tiba2 besoknya badan dan muka anak saya bintik2 merah... apa mungkin alergi makanan krn itu makan pertama dia... selanjutnya sy ke dokter ttpi dokter bilang itu bukan dr makanan tetapi dr lingkungan yg kotor... selama ini anak saya alergi debu ..pemikiran saya tetep alergi makanan krn waktu pertama dikasir sufor juga ada reaksi merah2 tp dimuka saja dan itu tidak bertahan lama waktu itu dokter kasih salep sodermix dan tidak ada masalah... skr pada saat muncul merah2 kali ini ampe punggung dan perut setelah konsultasi ke dokter (dengan dr spa yg berbeda ) dokter tersebut memberikan obat ryvel drops , apakah obat itu aman untuk bayi 5 bulan? Krn sy liat kemasan itu untuk anak diatas 2 tahun... mohon penjelasaannya dokter... terimakasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter 

 Kami mengerti kekhawatiran anda. Ruam merah pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab terseringnya adalah penyakit dermatatis. Dermatitis ini sendiri sebenernya dapat dipicu oleh berbagai hal seperti dermatitis kontak iritan yang terjadi akibat adanya pajanan zat yang menyebabkan iritasi seperti sabun, detergen, lotion, parfum, serta dermatitis kontak alergi yang terjadi akibat adanya pajanan zat logam atau lateks seperti pada perhiasan, jam, dll.

Selain itu, ada lagi jenis dermatitis lain yaitu dermatitis atopi yang biasanya dipicu oleh alergen seperti debu, bulu hewan, serbuk bunga, dll. Anak dengan dermatitis atopi biasnya tidak hanya memiliki gejala kulit, namun disertai dengan gejala lain jika terpapar pada alergennya seperti mata dan hidung berair dan gatal hingga gejala asma. Biasanya, anak dengan dermatitis atopi juga memiliki anggota keluarga dengan keluhan serupa (Ayah, Ibu, atau saudara kandung).

Saat bayi memang gejala dermatitis atopi lebih banyak terdapat pada wajah, terutama pipi, namun seiring dengan pertambahan usia, gejala berpindah pada tangan dan kaki terutama pada bagian lipatan. Anda perlu mencari tahu apa yang biasanya menyebabkan gejala ini muncul. 

Pengobatan yang diberikan dokter Anda pastinya sudah disesuaikan dengan usia dan berat badan bayi Anda sehingga aman digunakan. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar