Sukses

Berat Bayi Lima Bulan

08 Dec 2017, 22:33 WIB
Wanita, 25 tahun.

assalamualaikum dok.. saya mau bertanya,bayi saya laki laki usia 5 bulan apakah normal hanya naik 100gram saja dok? saat ini berat badannya 6.5kg dg tinggi badan 65cm. sebelum sebelumnya naik normal, 1 bulan pertama naik 1kg lebih,2 bln naik 800an gram,bulan 3 naik 800an,bulan ke 4 naik 600an gram,tp bulan ke5 hanya naik 100gram saja dok.. frekuensi menyusu normal,tp sekarang bayi saya lebih aktif dr bulan bulan sebelumnya dok,sangat senang latihan berdiri,dan mulai jarang tidur siang.. apakah hal ini normal dok?atau perlu saya konsultasikan ke dokter spesialis anak?

Terima kasih telah bertanya tentang berat bayi lima bulan menggunakan layanan Tanya Dokter

Berdasarkan WHO, tinggi badan pada anak perempuan usia 5 bulan berkisar antara 59,9-68,2 cm (rata-rata 64,0cm ) dan berat badan berkisar antara 5,5-8,7 kg (6,9 kg). Sedangkan tinggi badan anak laki-laki usia 5 bulan antara 61,9-69-9 cm (rata-rata 65,9 cm ) dan berat badan berkisar antara 6,1-9,2 (rata-rata 7,5 kg). Sayang sekali Anda tidak mencantumkan jenis kelamin anak Anda. Namun dari hasil berat badan dan tinggi badan, anak Anda masih tergolong gizi baik.

Sedangkan menurut KMS (Kartu Menuju Sehat), berat badan normal anak usia 5 bulan adalah sekitar 7 kg (sesuai dengan garis yang berwarna hijau tua pada Kartu Menuju Sehat). Yang perlu diperhatikan selain berat dan tinggi badan adalah apakah anak tampak aktif atau tidak, apakah perkembangannya sesuai dengan usianya atau tidak.

Sudah benar pilihan Anda untuk meneruskan ASI. Dan pemberian ASI eksklusif 6 bulan berturut-turut terbukti anak memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan anak yang tidak mendapat ASI eksklusif.

ASI merupakan bahan makanan terbaik untuk bayi. ASI mengandung semua zat gizi yang diperlukan bayi hingga usia 6 bulan. Karena itu anda tidak perlu menambahkan susu formula atau berbagai jenis vitamin lainnya untuk anak anda yang masih berusia 5 bulan dan masih mengkonsumsi ASI ekslusif.

Perbaikilah cara pemberian ASI yang sedikit-sedikit tapi sering. Mulailah untuk memberikan ASI dari awal hingga akhir (hingga ASI anda habis) setiap kali bayi anda menangis (merasa lapar) dan setiap kali anda merasa perlu menyusui bayi anda. Hal ini disebabkan karena ASI memiliki kandungan yang berbeda antara awal pemberian ASI dengan akhir pemberian ASI. ASI pada awal pemberian cenderung lebih encer dan banyak mengandung protein, laktosa, vitamin, mineral dan air. Sementara ASI pada akhir pemberian (menjelang ASI anda habis) terlihat lebih putih daripada ASI awal karena ASI di akhir pemberian ini mengandung lebih banyak lemak dan memberikan lebih banyak energi bagi bayi. Jika bayi anda hanya minum ASI sedikit-sedikit, maka ASI yang dikonsumsinya hanyalah ASI awal yang encer dan kurang mengandung lemak untuk pembentukan energinya. Karena kurangnya energi yang berasal dari ASI, maka Bayi anda akan mengambil lemak dari tubuhnya sendiri untuk menghasilkan energi. Karena itu berat badan bayi anda cenderung lebih rendah daripada normal.

Jika bayi anda tergolong bayi yang tenang dan tidak pernah menangis saat lapar, maka anda harus berinisiatif untuk memberikan ASI lebih sering daripada yang diminta bayi anda. Berikanlah ASI lebih sering, sekitar 8-12x/hari, tiap-tiap payudara selama 10-15 menit (hingga ASI pada satu payudara habis, baru boleh berganti dengan payudara yang lain). Pada umumnya bayi akan selesai menyusui dalam waktu 5-10 menit, namun ada juga yang sampai setengah jam. Hal tersebut tidaklah menjadi masalah yang penting anda dapat memastikan bahwa bayi anda mendapatkan susu akhir yang kaya akan energi yang diperlukan untuk pertumbuhan yang baik.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar