Sukses

Anak 15 Bulan Belum Bisa Berdiri Dan Berjalan
07 Dec 2017, 19:31 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok... anak saya udah 15 bulan dok tapi kok belum bisa berdiri sendiri dan jalan? Saat ini masih ngrembet2, terus apa solusinya ya dok? Thanks

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang anak belum bisa berjalan melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, mohon maaf atas keetrlambatan kami. Kami memahami kekhawatiran Anda. Pada umumnya anak mulai berjalan setelah usia 12 bulan, namun langkahnya masih belum tegap. Dan pada usia 15 bulan, anak sudah bisa lancar berjalan.

Perihal anak Anda yang berusia 15 bulan belum bisa berjalan, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Selama ia menunjukkan usaha untuk menumpukan berat badan di kakinya, misalnya dengan mulai merambat untuk berdiri, berdiri sambil mendorong kursi, hal ini normal saja. Memang ada beberapa bayi yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mempelajari hal ini.

Anak dianggap mengalami keterlambatan motorik kasar (keterlambatan dalam berjalan) bila ia belum berjalan saat usia 18 bulan. Bila ini terjadi, segera konsultasikan dengan dokter anak.

Sementara itu, hal berikut dapat Anda lakukan untuk stimulasi anak agar cepat berjalan:• Sebisa mungkin tidak menggendong anak. • Letakkan mainan menarik di dekatnya dan ajak ia mengambil mainan itu dengan berdiri dan berjalan.• Selama belum bisa lancar berjalan, sebisa mungkin hindari penggunaan alas kaki. Alas kaki akan mempersulit ia berlatih berjalan.

Demikian penjelasan tentang anak belum bisa berjalan. Semoga bermanfaat

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar