Sukses

Tangan Kebas

03 Dec 2017, 20:55 WIB
Wanita, 17 tahun.

permisi dok saya mau tanya, tadi pagi saya tiba tiba sesak nafas(saya memang punya riwayat sesak nafas) lalu tiba tiba tangan saya kebas hingga saya selesai sesak nafas. saat saya tanya ke orang tua, kata mereka itu gejala kolesterol atau diabetes. apakah benar dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya tentang menggunakan layanan Tanya Dokter 

 Saya mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Rasa kebas/kesemutan di tangan dapat disebabkan oleh berbagai kelainan. Salah satunya disebabkan oleh kelainan pada saraf pada tangan. Kelainan saraf ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti ada proses penjepitan saraf di tangan, ada proses degeneratif seperti peradangan pada tulang (entah artritis rheumatoid atau osteoarthritis) yang dapat menekan saraf, ada penyakit yang menyebabkan kelainan pada saraf seperti kencing manis (diabetes melitus), tiroid, gangguan aliran darah atau ada kekurangan dari kadar elektrolit (zat-zat ion di dalam tubuh).  Atau dapat juga disebabkan oleh infeksi, kelainan pada darah, tulang ataupun otot.  Namun banyak juga kasus kebas disbebakan karena gangguan atau iritasi saraf yang sementara dan tidak perlu dikhawatirkan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui penyebab dari kesemutan Anda, selain dibutuhkan pemeriksaan tubuh yang lengkap diperlukan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah atau foto radiologi. Jadi, kami sarankan agar Bapak konsultasi ke Dokter Specialis Saraf untuk penanganan lebih lanjut. Serta beberapa hal yang dapat bapak lakukan ada mengistirahatkan tangan saat terjadi semutan atau kebas. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar