Sukses

GERD dan Bronchitis

02 Dec 2017, 20:35 WIB
Pria, 39 tahun.

Saya punya penyakit gerd dan anxietas udah 2 tahun udah endoskopi dll belum sembuh ditambah sekarang hasil pemeriksaan rontgen menunjukan pulmo corakan bronkovaskuler kasar dan hemidiafragma kanan kiri tenting ringan .kesan cenderung gambaran bronkhitis kronik mohon penjelasanya mengenai ini apakah diobati semuanya atau satu2 yg mana dulu

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya tentang GERD dan bronchitis menggunakan layanan Tanya Dokter 

 

 

Bronkitis adalah suatu kondisi yang timbul bila dinding bagian dalam saluran pernapasan utama paru terinfeksi dan meradang. Saluran pernapasan adalah saluran yang terdapat di dalam paru-paru yang merupakan tempat aliran udara. Jika saluran pernapasan tersebut mengalami iritasi, maka akan terbentuk lendir yang tebal di dalamnya. Lendir tersebut dapat menyumbat sehingga menghalangi udara untuk mencapai paru-paru. Maka dari itu, gejala yang dapat terjadi berupa batuk berdahak yang banyak mengandung lendir, kesulitan bernapas dan dada terasa sesak. 

Bronkitis terbagi menjadi dua yaitu bronkitis akut dan kronis. Bronkhitis akut seringkali disebabkan oleh infeksi virus. Disamping akibat infeksi virus, sebagian kecil kasus bronkhitis akut juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun akibat paparan terhadap asap rokok disekitar anda. Bila penyakit bronkitis bertahan dan berlanjut kurang lebih selama tiga bulan dalam setahun, maka disebut sebagai bronkitis kronik. Bronkhitis kronik umumnya disebabkan karena merokok atau paparan terhadap asap rokok. Disamping akibat rokok, bronkhitis kronik juga dapat terjadi akibat paparan terhadap debu dan polusi udara untuk waktu yang lama. Salah satu pencetus bronchitis adalah GERD karena GERD dapat menyebabkan iritasi pada saluran cerna dan saluran napas sehingga dapat memicu peradangan.

Sedangkan untuk gejala GERD dapat dikurangi dengan modifikasi gaya hidup, seperti :

Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecilJangan langsung tidur setelah makan malamHindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnyaHindari stresTidur cukup 8 jam/hariOlahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30menit.Dengan melakukan kombinasi terapi dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup, diharapkan masalah Anda dapat lebih teratasi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar