Sukses

Penanganan Luka Bakar

02 Dec 2017, 08:18 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok saya kesiram air panas yang mendidih . Karena saya kepanasan akhirnya sy siram siram pakai air di bak mandi . Dan akhirnya timbul gelembung. Awalnya kecil dan sekarang jadi membesar kira2. 6 sampai 7 cm.an . Pertanyaanke 1 : apa yang harus saya lakukan dengan kulit yang bergelembung . Di biarkan saja atau di kempeskan dengan cara seperti apa?.pertanyaan ke 2 : setelah gelembung nya kempes atu pecah . Pengobatan apa yang harus di tindak . ?. . Dari pertanyaan 1 dan 2 apa bisa di lakukan sendiri ya dok. Terimakasih.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya seputar penanganan luka bakar di Fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Luka bakar mempunyai pembagian berdasarkan keparahannya, yaitu :

  • Derajat satu

Derajat ini hanya meliputi bagian luar dari kulit. Pada derajat ini tidak ditemukan adanya lepuh (bula). Luka bakar derajat satu merupakan yang paling sering terjadi. Luka ini akan sembuh dengan sendirinya tanpa menimbulkan bekas dalam waktu dua hingga lima hari.

  • Derajat dua

Kerusakan yang terjadi lebih dalam daripada derajat satu. Dapat terlihat adanya lepuh. Didapatkan rasa nyeri yang hebat. Dasar luka berwarna merah atau pucat, sering terlihat lebih tinggi daripada permukaan kulit normal. Luka bakar derajat ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu derajat dua dangkal (superfisial) dan derajat dua dalam (deep).

  • Derajat tiga

Kerusakan yang terjadi lebih dalam lagi daripada derajat dua. Tidak dijumpai adanaya lepuh. Kulit yang terbakar berwarna abu-abu dan pucat. Tidak didapatkan rasa nyeri, karena ujung-ujung saraf sudah mengalami kerusakan bahkan kematian

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, kemungkinan luka bakar yang Anda alami berada dalam derajat 2, timbul gelembung lepuh yang dinamakan bula. Gelembung tersebut jangan dipecahkan secara paksa. Cairan kuning yang ada didalamnya adalah cairan plasma yang dihasilkan oleh tubuh. Cairan tersebut keluar karena adanya rangsangan luka bakar yang terjadi. Cairan plasma merembes guna melembabkan dan mengurangi infeksi yang terjadi. Sebaiknya Anda tidak memecahkan gelembung yang timbul. Anda dapat membersihkannya dengan cairan antiseptik dan mengoleskan salep antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar