Sukses

Perdarahan setelah Berhenti Suntik KB

30 Nov 2017, 14:44 WIB
Wanita, 26 tahun.

dok saya mau tanya..saya dari juli sudah berhenti kb suntik karena saya tidak haid sama sekali selama beberapa bulan terakhir. kalaupun haid ya cuma flek aja. trus akhir oktober kemaren haid selama 4 hari. trus berhenti seminggu. lalu haid lagi sampai tanggal 19 november. berhenti seminggu trus haid lagi dok. dari tanggal 26 sampai sekarang. dan darahnya banyak. berwarna merah. itu kenapa ya dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menanyakan seputar KB suntik di fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sesuai jenis hormon yang terkandung di dalamnya, KB suntik dapat dibedakan menjadi KB suntik kombinasi (hormon estrogen-progesteron), dan KB suntik non-kombinasi (hormon progesteron saja). Pada prinsipnya, metoda kontrasepsi hormonal mencegah kehamilan dengan menghentikan pelepasan sel telur dari kandung telur (ovulasi) dan mencegah masuknya sel sperma ke dalam rahim. Mekanisme ini terjadi dengan cara mengganggu keseimbangan hormonal sehingga dapat mempengaruhi siklus menstruasi Ibu.

Efek samping yang dapat terjadi antara lain adalah bercak perdarahan, menstruasi lebih banyak dan lebih sering terutama pada beberapa bulan pertama atau bahkan sama sekali tidak mendapatkan menstruasi, perubahan mood, sakit kepala, penambahan berat badan, kelelahan, dsb. Keluhan yang Anda alami kemungkinan disebabkan oleh efek kontrasepsi yang Anda gunakan. Namun demikian, apabila perdarahan terus berlanjut sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter atau dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi tentang KB suntik ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar