Sukses

Penyebab Demam

27 Nov 2017, 08:42 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, sudah 2 hari saya demam panas pusing badan sayapun pegal2 nyeri pada sendi dan sakit ketika menelan , padahal sudah minum obat paracetamol tapi belum sembuh juga, saya harus minum obat apa dok supaya cepat sembuh ? Terimakasih.

Terimakasih telah bertanya tentang penyebab demam menggunakan layanan Tanya Dokter

Terdapat beberapa penyebab demam. Memang benar bahwa infeksi merupakan penyebab tersering timbulnya demam. Secara klinis, demam akibat infeksi bakteri umumnya tidak setinggi yang ditemukan pada infeksi virus, juga tidak disertai oleh gejala sistemik lain seperti otot pegal/linu, lemas, mual, dsb seperti yang ditemukan pada infeksi virus. Namun tidak jarang ditemukan adanya infeksi campur antara virus dan bakteri, sehingga pada akhirnya dapat menimbulkan gejala klinis yang sulit dibedakan satu dengan lainnya.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, perlu diketahui mengenai apakah jenis pemeriksaan yang telah Anda lakukan dan kapan pemeriksaan tersebut dilakukan. Karena pemeriksaan darah perifer lengkap yang dilakukan terlalu cepat belum dapat mendeteksi ada/tidaknya infeksi, sehingga pemeriksaan tersebut umumnya baru dianjurkan apabila demam dan keluhan lain tidak dirasakan membaik setelah 3 hari pengobatan.

Perlu diingat bahwa pada dasarnya demam timbul sebagai respon tubuh untuk melawan infeksi atau proses lain yang sedang berlangsung dalam tubuh. Tidak semua demam harus diturunkan segera dengan pengobatan. Anda sudah melakukan hal yang benar dengan mencukupi kebutuhan cairan anak Anda. Juga cukupi kebutuhan nutrisi anak Anda, jika perlu tambahkan dengan suplemen vitamin dan mineral. Apabila dalam 3 hari demam tidak juga turun, disertai keluhan lain yang tidak kunjung membaik, segera lakukan pemeriksaan laboratorium kembali (minimal untuk pemeriksaan darah perifer lengkap), kemudian konsultasikan hasilnya ke dokter umum atau dokter spesialis anak untuk tatalaksana yang optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar