Sukses

Pemulihan Tendon Achiles

26 Nov 2017, 19:35 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok saya mengalami kecelakaan dan sobek di pergelangan kaki dan kata dokter di jahit 30 jahitan karena uratnya putus. Butuh berapa lama ya dok untuk bisa jalan? Mohon jawabannya dok karena saya mau ujian di sekolah dok. Terimakasih

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih telah bertanya tentang pemulihan pasca operasi Tendon Achilles melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah yang Anda maksud dengan pergelangan kaki adalah tendon Achiles? Pemulihan pasca cedera tendon Achilles membutuhkan waktu dan kesabaran. Tendon ini merupakan tendon terbesar dalam tubuh yang menunjang fungsi berjalan, berlari, meloncat dan menggerakkan kaki ke segala arah. Karena itu, jika terjadi cedera atau robekan, gerakan Anda menjadi terbatas untuk sementara waktu.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan tergantung pada keparahan cedera. Bila Anda sampai harus operasi terntunya terjadi cedera yang cukup parah seperti robekan. Untuk jenis cedera yang seperti ini membutuhkan waktu hingga 1 tahun hingga benar-benar pulih.

Berikut ini adalah tahapan-tahapan pemulihan pasca operasi repair tendon Achilles. Tahapan-tahapan ini hanya sebagai gambaran umum. Pemulihan tentunya tergantung pada usia, kesehatan, keparahan cedera, dan rehabilitasi yang dijalani.

Hari operasi. Ketika Anda meninggalkan rumah sakit, Anda akan diberikan alat penopang tubuh dan diinstruksikan untuk tidak membebani kaki yang mengalami cedera.Dalam waktu 2 minggu dokter Anda akan melepas gips untuk mencabut jahitan dan melihat penyembuhan luka. Tergantung dari penampakannya, Anda bisa digips kembali, tetapi biasanya Anda akan mendapatkan walking boot agar kaki Anda tetap di posisinya. Anda juga sudah dapat memulai fisioterapi. Tujuannya agar luka menyembuh tetapi Anda tetap bisa melakukan aktifitas fisik yang melibatkan tubuh bagian atas. Seluruh beban tubuh Anda masih dibebankan ke alat penopang tubuh.Dalam waktu 4 minggu boot akan diperbaiki posisinya (ke posisi netral) sehingga Anda belajar berjalan di atasnya. Fisioterapis biasanya akan menjelaskan bagaimana cara menggerakkan kaki yang benar dan latihan-latihan untuk menguatkan otot betis.Antara 6-8 minggu, biasanya Anda sudah mulai bisa berdiri pada kaki yang cedera selama 10 detik. Walking boot juga bisa dilepas saat ini. Anda dapat melakukan aktivitas ringan (hindari high-impact exercise). Anda lebih disarankan untuk bersepeda atau berenang.Antara bulan ke-4 dan ke-6, Anda seharusnya sudah bisa melakukan aktifitas secara penuh, tetapi belum pulih sepenuhnya hingga kurang lebih 1 tahun sejak operasi dilakukan. Meski nantinya pulih, kekuatan otot kaki/tendon mungkin tidak akan bisa kembali 100%.Dari penjelasan Anda, sepertinya Anda masih berada di tahap 4 minggu setelah operasi. Sebaiknya Anda melakukan latihan-latihan atau gerakan-gerakan kaki di bawah pengawasan fisioterapis agar benar arahnya. Bila Anda sudah menguasainya, Anda dapat mengurangi kunjungan ke fisioterapis dan melakukannya sendiri di rumah.

Jangan lupa juga untuk kontrol rutin dengan dokter yang mengoperasi Anda sesuai anjuran.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar pemulihan pasca operasi Tendon Achilles. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar