Sukses

Ingus Pasca Sinusitis

26 Nov 2017, 19:02 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok saya awalnya gejala sinusitis tapi demam dan skit di pipi jika di tekan sudah agak menghilang tp dok cairan ingus berwarna kuning tetap saja masih ada saya tidak mengonsumsi obat apa pun.... Bagaimana mengatasi ingus saya dok

Terima kasih telah bertanya tentang sinusitis menggunakan layanan Tanya Dokter 

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. 

Izinkan kami menjelaskan mengenai sinusitis. Sinus merupakan suatu rongga yang terdapat pada belakang hidung, mata dan dahi, dan pada keadaan normal berada pada kondisi steril. Pada keadaan sakit, dinding mukosa sinus mengalami peradangan atau pembengkakan akibat alergi, infeksi, iritasi bahan kimia, yang menyebabkan sumbatan aliran sekresi, dan jika dibiarkan akan menyebabkan timbulnya infeksi bakteri. Cairan yang tertahan tersebut akan memicu sinusitis.Terjadinya sinusitis berkaitan dengan 3 faktor di bawah:

sumbatan aliran sinus

gangguan silia, yang berfungsi mengalirkan cairan sinus tersebut

gangguan jumlah dan kualitas cairan mukus

Sebagai akibat dari sumbatan tersebut, maka:

terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus

kurangnya oksigen akibat hidung tersumbat dan kesulitan bernapas

penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Keluhan hidung tersumbat dapat diakibatkan oleh pembengkakan mukosa dinding saluran napas yang dipicu alergi, peradangan atau infeksi (seperti sinusitis atau rhinitis), dan lainnya. Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter THT agar diketahui apakah penyebab hidung tersumbat tersebut berkaitan dengan sinusitis yang masih ada atau dikarenakan penyebab lainnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar